Identifikasi Titik Kemacetan pada Ruas Jalan A.P Pettarani dengan Menggunakan Teknologi GPS

Authors

  • Haeril Abdi Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31963/intek.v5i1.202

Abstract

Kemacetan Lalu lintas merupakan suatu keadaan kondisi jalan bila tidak ada keseimbangan antara kapasitas jalan dengan jumlah kendaraan yang lewat. Gejala ini ditandai dengan kecepatan yang rendah hingga terjadinya penumpukan kendaran, jarak antara kendaraan yang satu dengan kendaraan yang lain menjadi rapat, sehingga pengemudi tidak dapat menjalankan kendaraan dengan kecepatan yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan titik kemacetan pada ruas jalan A.P. Pettarani dengan menggunakan teknologi GPS. Manfaat penelitian ini untuk mengetahui titik kemacetan dan penyebab kemacetan disepanjang ruas jalan A.P. Pettarani serta menjadi referensi bagi pemerintah dalam mengaplikasikan penggunaan GPS untuk mengidentifikasi titik macet serta penyebab kemacetan sehingga diharapkan dapat memberikan solusi pada titik – titik kemacetan pada ruas jalan A.P. Pettarani. Metode penelitian ini adalah mendeteksi kecepatan kendaraan selama bergerak di jalan A.P. Pettarani dengan menggunakan fitur penjejakan (tracking) pada GPS yang mencatat perubahan kecepatan kendaraan setiap detiknya. Kemudian data kecepatan tersebut dianalisis untuk mendapatkan titik-titik kemacetan disepanjang ruas jalan A.P. Pettarani yang kemudian akan di perbandingkan dengan kondisi geometrik jalan serta kondisi lingkungan disekitar jalan. Kendaraan contoh bergerak setiap 15 menit pada dua arah arus lalu lintas yang dimulai dari jam 6 pagi hingga jam 22.00 selama satu pekan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat beberapa titik kemacetan pada dua arah arus lalu lintas di sepanjang jalan A.P. Pettarani yang umumnya ditimbulkan oleh kondisi geometrik jalan serta adanya hambatan samping.

References

Margareth. M, Franklin P. J, Warouw F, “Studi Kemacetan Lalu Lintas Di Pusat Kota Ratahan†E Journal UNSRAT, pp. 89-97, 2015.

Hasanuddin. H. A,Yusuf. H, “Analisa Penentuan Titik – Titik Macet Arus Lalu Lintas Pada Jalan Raya Perkotaan Dengan Memanfaatkan Teknologi Kenematik GPS†Politeknik Negeri Ujungpandang, 2008

Abidin, Hazanuddin Z, “Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya†PT Pradnya Paramita, 2006.

Laksmana, Ujang Dede, “30 Menit Jago Menggunakan GPSMAP 76CXs†Triangulasi, 2010.

Depertemen pekerjaan umum dirjen bina marga, “Manual kapasitas jalan Indonesia (MKJI)†Depertemen pekerjaan umum dirjen bina marga, 1997.

Published

2018-04-29

Issue

Section

ARTICLES

Most read articles by the same author(s)