INTEGRASI LOGIKA SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI UMUM

Penulis

  • Nur Chanifah

Abstrak

Islamic Religious Education is one of the subjects that aim to develop student's personality. However, in realitythere are many problems such as learning that focus only on the cognitive aspect. This research tries to providealternative solution through integration of science logic in Islamic religious learning, so as to contribute in developingstudent character. This research belongs to library research with descriptive-qualitative approach. Data collectiontechniques use documentation. For analysis using document analysis with content analysis techniques. The resultsshowed that the process of integration of science logic in Islamic religous learning can be realized on the paradigm,approach, strategy, methods, materials, and evaluation of learning. while the implications can be seen from the steps oflearning and the characters that are formed on the students themselves.

Referensi

Adisusilo, Sutarjo, J.P, Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta: rajawali Press, 2012

Aminudin dan Zainal Asikin, Pengantar Penelitian Hukum, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2006

Dimyati, Moh, Penelitian Kualitatip, IKIP Malang, Malang: 1990

Grafura, Lubis dan Ari Wijayanti, Metode dan Strategi Pembelajaran yang unik, Yogyakarta: Ar-Ruzz media,

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, tp, Yogyakarta

Hanafi, Yusuf, Bias-bias Dikotomi dalam buku ajar matakuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi

Umum, dalam jurnal ISLAMICA, Vol. 6, No. 1, September 2011, UIN Suanan Ampel Surabaya

Hidayat,Muslih, Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan paradigmatic dan implementatif dalam

pembelajaran Peendidikan Agama Islam, Jurnal Ta’dib, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014.

Hidayatullah, Furqan, Pendidikan Karakter, Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka: Surakarta, 2010

Ismail, Fajri, Inovasi Evaluai Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Model-model peenilaian berbasis afektif),

jurnal TA’DIB, Vol. XVIII, No. 02, Edisi November 2013

Kesuma, Dharma, dkk, Pendidikan Karakter, kajian teori dan praktek di sekolah, Remaja Rosdakarya: Bandung,

Kusnadi, Acep, Implementasi Pendekatan Saintifik dalam langkah-langkah pembelejaran Pendidikan Agama

Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cisarua), Jurnal Safina Volume 01/Nomor 01/Maret

Lickona, Thomas, Mendidik untuk membentuk karakter, Bumi Aksara, jakarta, 2013

Liliasari, Membangun Masyarakat melek sains berkarakter bangsa melalui pembelajaran, makalah Seminar

Nasional UNNES, 2011

Machdhoni, Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, UMM Press, Malang, 1993

Madjid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Analisis data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, UI Press,

Jakarta: 1999

Mundilarto, Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Sains, Makalah yang disampaikan pada Seminar

Nasional Pendidikan Sains di UNESA, tanggal 19 Januari 2013

Muqit, Abdul & Djuwairiyah, Desain Strategi Pembelajaran Menuju Capaian Pembelajaran, JPII Volume 1,

Nomor 2, April 2017

Nashir, Haedar, Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya, Multi Presindo: Yogyakarta, 2013

Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2014

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Ghali Indonesia, Jakarta, 2005

Nucci, Larry P. dan Darcia Narvaez, Handbook Pendidikan moral dan karakter terj. Imam Baehaqie dan Derta Sri

Widowatie, Nusa Media, Bandung, 2014.

Rich, Dorothy, Mega Skills: Building Our Childrens Character and achievement for school and life, Source book,

Canada, 2008

Rusman, Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2010

Santoso, Mudji, Hakekat, Peranan, dan Jenis-jenis Penelitian, serta Pola Penelitian pada Pembangunan Lima

Tahun ke VI, dalam Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan,

Kalimasahada Press, Malang: 1996

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosdakarya: Bandung, 2013

Shihab, Quraish, Menabur Pesan Illahi, al-Quran dan Dinamika Kehidupan Masyarakat, Lentera Hati: Jakarta,

Syamsuddin Makmun, Abin, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosda Karya Remaja, 2003

Tim Kurikulum dan Pembelajaran, Buku Kurikulum Perguruan Tinggi, Direktoral Pembelajaran dan

Kemahasiswaan, Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta,

Winarti, Pembangunan Karakter dalam Pembelajaran Sains melalui Metode ilmiah,

https://core.ac.uk/download/files/478/12346185.pdf, diakses pada tanggal 5 April 2016

Wiyono, Bambang Budi, Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research),

Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Malang: 2007

Diterbitkan

2018-08-28

Terbitan

Bagian

ADMINISTRASI, AKUNTANSI, BISNIS, DAN HUMANIORA