INTEGRASI LOGIKA SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI UMUM
Abstract
Islamic Religious Education is one of the subjects that aim to develop student's personality. However, in realitythere are many problems such as learning that focus only on the cognitive aspect. This research tries to providealternative solution through integration of science logic in Islamic religious learning, so as to contribute in developingstudent character. This research belongs to library research with descriptive-qualitative approach. Data collectiontechniques use documentation. For analysis using document analysis with content analysis techniques. The resultsshowed that the process of integration of science logic in Islamic religous learning can be realized on the paradigm,approach, strategy, methods, materials, and evaluation of learning. while the implications can be seen from the steps oflearning and the characters that are formed on the students themselves.References
Adisusilo, Sutarjo, J.P, Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta: rajawali Press, 2012
Aminudin dan Zainal Asikin, Pengantar Penelitian Hukum, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2006
Dimyati, Moh, Penelitian Kualitatip, IKIP Malang, Malang: 1990
Grafura, Lubis dan Ari Wijayanti, Metode dan Strategi Pembelajaran yang unik, Yogyakarta: Ar-Ruzz media,
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, tp, Yogyakarta
Hanafi, Yusuf, Bias-bias Dikotomi dalam buku ajar matakuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi
Umum, dalam jurnal ISLAMICA, Vol. 6, No. 1, September 2011, UIN Suanan Ampel Surabaya
Hidayat,Muslih, Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan paradigmatic dan implementatif dalam
pembelajaran Peendidikan Agama Islam, Jurnal Ta’dib, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014.
Hidayatullah, Furqan, Pendidikan Karakter, Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka: Surakarta, 2010
Ismail, Fajri, Inovasi Evaluai Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Model-model peenilaian berbasis afektif),
jurnal TA’DIB, Vol. XVIII, No. 02, Edisi November 2013
Kesuma, Dharma, dkk, Pendidikan Karakter, kajian teori dan praktek di sekolah, Remaja Rosdakarya: Bandung,
Kusnadi, Acep, Implementasi Pendekatan Saintifik dalam langkah-langkah pembelejaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cisarua), Jurnal Safina Volume 01/Nomor 01/Maret
Lickona, Thomas, Mendidik untuk membentuk karakter, Bumi Aksara, jakarta, 2013
Liliasari, Membangun Masyarakat melek sains berkarakter bangsa melalui pembelajaran, makalah Seminar
Nasional UNNES, 2011
Machdhoni, Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, UMM Press, Malang, 1993
Madjid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Analisis data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, UI Press,
Jakarta: 1999
Mundilarto, Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Sains, Makalah yang disampaikan pada Seminar
Nasional Pendidikan Sains di UNESA, tanggal 19 Januari 2013
Muqit, Abdul & Djuwairiyah, Desain Strategi Pembelajaran Menuju Capaian Pembelajaran, JPII Volume 1,
Nomor 2, April 2017
Nashir, Haedar, Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya, Multi Presindo: Yogyakarta, 2013
Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2014
Nazir, Moh, Metode Penelitian, Ghali Indonesia, Jakarta, 2005
Nucci, Larry P. dan Darcia Narvaez, Handbook Pendidikan moral dan karakter terj. Imam Baehaqie dan Derta Sri
Widowatie, Nusa Media, Bandung, 2014.
Rich, Dorothy, Mega Skills: Building Our Childrens Character and achievement for school and life, Source book,
Canada, 2008
Rusman, Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2010
Santoso, Mudji, Hakekat, Peranan, dan Jenis-jenis Penelitian, serta Pola Penelitian pada Pembangunan Lima
Tahun ke VI, dalam Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan,
Kalimasahada Press, Malang: 1996
Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosdakarya: Bandung, 2013
Shihab, Quraish, Menabur Pesan Illahi, al-Quran dan Dinamika Kehidupan Masyarakat, Lentera Hati: Jakarta,
Syamsuddin Makmun, Abin, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosda Karya Remaja, 2003
Tim Kurikulum dan Pembelajaran, Buku Kurikulum Perguruan Tinggi, Direktoral Pembelajaran dan
Kemahasiswaan, Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta,
Winarti, Pembangunan Karakter dalam Pembelajaran Sains melalui Metode ilmiah,
https://core.ac.uk/download/files/478/12346185.pdf, diakses pada tanggal 5 April 2016
Wiyono, Bambang Budi, Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research),
Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Malang: 2007