PENGARUH ROTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR

Regita Nur Chaerunnisa, Syamsuddin Syamsuddin, Ahmadi Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rotasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Data ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner online dan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Bosowa Berlian Motor yang telah di rotasi. Adapun jumlah sampel yang digunakan adalah 56 orang yang didasarkan dengan teknik sampel jenuh.

Penelitian ini menemukan bahwa hasil uji t pada nilai t hitung yang diperoleh dari variabel rotasi kerja sebesar 4.182 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2.0049 dengan probalitias t yaitu sig 0.000 lebih kecil dari ketentuan signifikansi yaitu 0.05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan variabel rotasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan. Sementara Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0.245 atau nilai koefisien determinasi sebesar 24.5%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 24.5% kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh rotasi kerja. Sisanya sebesar 75.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti budaya organisasi, motivasi kerja, serta beban pekerjaan.


Keywords


Rotasi, rotasi kerja, kinerja karyawan, bosowa berlian motor

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jba.v3i1.4237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

......................................................................................................................................................................................................................................

Diterbitkan oleh:

Jurusan Administrasi Niaga

Politeknik Negeri Ujung Pandang

Jl. Perintis Kemerdekaan , KM.10 Tamalanrea Makassar 90245

Email: jba@poliupg.ac.id.

 

JBA terindeks oleh:


       

 

JBA tergabung sebagai:

View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.