Pendeteksian Gangguan Radio pada Band UHF yang Terpantau di Kota Makassar

Irawati Razak

Abstract


Gangguan frekuensi oleh sinyal dari sumber transmisi frekuensi radio lainnya saat ini sudah semakin kerap terjadi khususnya di kota Makassar. Polusi frekuensi sudah semakin meningkat sejalan dengan semakin podatnya penggunaan spektrum frekuensi radio untuk berbagai keperluan. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan mendeteksi gangguan sinyal radio yang mempengaruhi perfomansi/kualitas sinyal radio. Spektrum frekuensi yang akan dijadikan objek pengamatan dibatasi dalam rentang frekuensi 700 MHz sampai 950 MHz. Lokasi pengamatan di kota Makassar dengan bekerjasama Kantor Balai Monitor Frekuensi Radio Kelas II Makassar di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.Pendeteksian sinyal radio menggunakan peralatan VNA (Vector Network Analyzer) dan SPA (Signal specrum Analyzer). Kedua peralatan tersebut membedakan perfomansi sinyal radio terhadap sumber gangguan, apakah gangguan terjadi berasal dari alam atau manusia. Hasil penelitian adalah pola sinyal yang menunjukkan perfomansi/kualitas sinyal radio akibat adanya gangguan radio dalam rentang frekuensi 800 MHz hingga 950 MHz. Pendeteksian ini dapat dimanfaatkan oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II wilayah Makassar untuk memprediksi berat atau ringannya gangguan yang terjadi pada gelombang radio dalam beberapa tahun mendatang sehingga dapat meminimalkan terjadinya gangguan dan menangani gangguan dengan segera. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi naskah akademik bagi Kementerian Komunikasi dan Informatikan Republik Indonesia dalam membuat berbagai kebijakan dan aturan terkait dengan masalah penanggulangan Radio Frequency Interference (RFI) di Indonesia.

References


Freeman, Roger.L.2007. Radio System Design for telecommunications. 3rd Ed. IEEE Inc, New York, Printed by John Wiley & Sons. USA.

Recommendation ITU-R P.370-7. 1995. VHF and UHFPropagation Curves for the Frequency Range From 30 MHz to 1000 MHz

Rappaport, Theodore S. 2002. Wireless Communications. New York : Pearson Education International

Sizun,H. 2005. Radio Wave Propagation For Telecommunication Applications. Springer-Verlag Heidelberg – Germany.

Yessi Arnaz Ferari (Juni, 2012), Manajemen Telekomunikasi, Analisis pemanfaatan spekrum frekuensi radio pada pita UHF (Ultra High Frequency).




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/intek.v5i1.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Kampus 1 Gedung Administrasi Lantai II
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245
E-mail: intek@poliupg.ac.id

INTEK Indexed by:

g61g61g61g61g61g61g61g61g61

Member of :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats