Rancang Bangun Modul Pembelajaran Berbasis Raspberry Pi

Kartika Dewi, Sulaeman Sulaeman, Andi Varera Varadiba, Andi Fatiwara Michrun

Abstract


Era perkembangan global saat ini, perkembangan teknologi telah banyak berkembang dan memberikan manfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Perkembangan teknologi yang berkembang secara signifikan harus diikuti dengan perkembangan sumber daya manusia. Oleh karena itu, untuk menghasilkan sebuah keseimbangan, ranah pendidikan sebagai tempat menuntut ilmu harus didukung pula dengan teknologi terbaru. Raspberry Pi adalah salah satu teknologi terbaru yang digunakan sebagai modul pembelajaran saat ini. Modul pembelajaran berbasis raspberry pi membutuhkan sebuah laptop ataupun handphone dalam pengimplementasian modul pembelajaran itu sendiri. Fitur-fitur yang terdapat pada modul pembelajaran berbasis raspberry pi adalah, protoboard tambahan, LED (Light Emitting Diode), push button, keypad, motor servo, motor stepper, seven segment, relay, buzzer, LCD I2C, sensor suhu DHT-22, dan pin out raspberry pi. Modul ini menggunakan Bahasa pemrograman python dalam pengoperasian program dan fitur pada modul pembelajaran berbasis raspberry pi. Modul pembelajaran berbasis raspberry pi beserta fitur yang digunakan ini dapat berfungsi sebagaimana semestinya menggunakan bahasa python dan fitur lainnya.


Full Text:

PDF

References


E. Purwanto, “Mengenal Lebih Dekat Raspberry Pi,†2014. https://bpptik.kominfo.go.id/2014/04/14/410/mengenal-lebih-dekat-raspberry-pi/ (accessed Jan. 17, 2022).

F. Christian, “Modul Pembelajaran Raspberry Pi.,†Modul Pembelajaran Raspberry Pi., pp. 5–6, 2017.

Y. ARAFAD, MODUL PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN PADA MIKROKONTROLER DENGAN MENGGUNAKAN RASPBERRY PI. eprints.polsri.ac.id, 2017.

Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, “Liquid Crystal Display (LCD) adalah,†Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, 2011. http://ilmuef.blogspot.com/2013/11/liquid-crystal-display-lcd-adalah_9490.html (accessed Jan. 18, 2022).

E. Satria, “Motor Servo,†2011. https://elektronika-dasar.web.id/motor-servo/ (accessed Jan. 18, 2022).

F. Christian, “Modul Pembelajaran Raspberry PI,†Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017.

I. Muhammad, “Display Seven Segment Menggunakan PLC,†Blog Belajar Listrik & Sistem Kontrol, 2019. https://seriparalel.wordpress.com/2019/05/01/display-seven-segment-menggunakan-plc/ (accessed Jan. 18, 2022).

K. Dickson, “Pengertian Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen),†Teknik Elektronika, 2020. https://teknikelektronika.com/pengertian-seven-segment-display-layar-tujuh-segmen/ (accessed Aug. 02, 2022).

Bayati, C. Napitupulu, and K. U. Nst, “Resistor Pull Up dan Pull Down,†ilmukomputer.com. IlmuKomputer.com, 2014, [Online]. Available: https://fdokumen.id/dokumen/5342_rreessiissttoorr-ppuullll-uupp-ddaann-ppuullll-ddoowwnn.html.

K. A. Muhammad and Jamaaluddin, “Motor Stepper.†http://eprints.umsida.ac.id/7413/1/UTS_038_4B1_Muhammad Khafid Amrulloh.pdf (accessed Jul. 31, 2022).

L. G, “Stepper Motor Driver 3- Axis ULN2003 Board Module,†2014. http://www.vcc2gnd.com/sku/MDULN2003 (accessed Jul. 31, 2022).

Novar, “Sistem Pengendali Otomatis Menggunakan Sensor RFID Secara Wireless berbasis Mikrokontroler Arduino,†2014.

Oshwah, “Relay,†Electron. Begin., pp. 2–3, 2016.

I. A. Abdulrazzak, H. Bierk, and L. A. Aday, “Humidity and Temperature Monitoring,†Int. J. Eng. Technol., vol. 7, pp. 5147–5177, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI