ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA DC GROUND DI GARDU INDUK TELLO 150KV MENGGUNAKAN EAGLE EYE GFL-1000

Fitriani Fitriani, Hamma Hamma, Naely Muchtar

Abstract


Pada Gardu Induk Tello 150 kV terjadi DC ground yang di supply oleh rectifier coredel tipe RB 6464 baterai #1 dimana kondisi polaritas tegangan plus (+) 0,23V dan tegangan minus (-) 128V dalam keadaan solid (salah satu polaritas tegangan mendekati nol) maka harus segera dilakukan proses pengusutan DC ground. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Titik temuan, pertama pada MCB TIE tranformer, titik kedua pada MCB SWD #2, titik ketiga pada MCB SWD #2, titik keempat pada MCB SCADA dan titik kelima pada rectifier trafo. Hasil akhir dari pengusutan DC ground polaritas tegangan plus menjadi (+) 52,64 Volt dan polaritas tegangan minus menjadi (-) 75,1 Volt. Hasil investigasi tidak memenuhi batas toleransi, batas toleransi tegangan adalah ±15%. Solusi setelah di temukan DC ground yaitu memperbaiki wiring baik itu melepas wiring, mengisolasi, merapikan wiring pada terminal-terminal dengan skun dan memasangnya kembali dengan memperhatikan wiring yang di pasang tidak menyentuh bodi atau mengalir ke ground. Pada Gardu Induk Tello rentan mengakibatkan coil bekerja, yang dapat menggerakan motor penggerakan PMT bekerja dan mengtripkan PMT. 


Keywords


Gardu Induk, distribusi DC, Wiring, DC ground, Eagle Eye GFL-1000

Full Text:

PDF

References


PT. PLN (Persero). 2014. Buku pedoman pemeliharaan sistem supli AC/DC. Jakarta : PT. PLN Persero.

Kumara, Surya Bagaskara Widya. 2019. “Analisa Permasalahan DC Ground Fault Pada Sistem Tegangan 110V DC PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Mrica Sub Unit PLTA Wonogiriâ€. Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

PT. PLN (Persero). 2014. Buku Pedoman Pemutus Tenaga. Jakarta : PT. PLN Persero.

PT. PLN (Persero). 2014. Buku Pedoman pemisah. Jakarta : PT. PLN Persero.

PT. PLN (Persero). 2014. Buku Pedoman Kubikel Tegangan Menengah. Jakarta: PT. PLN Persero.

Nihayah Aini. 2020. Mengkaji Ketersedian Sistem DC di Gas Insulated Substation (GIS) Senayan. Skripsi. Institut Teknologi-PLN.

Amin, Muhammad. 2016. Rancang Bangun Alat Ukur Besaran Listrik Berbasis Arduino Uno. Skripsi. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya

PT. PLN (Persero) Buku Panduan penggunaan Eagle Eye GFL-1000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI