Analisis Perhitungan Setting Proteksi Transformator 60 MVA Pada Gardu Induk Bulukumba PT.PLN (Persero)

Muh. Rafif Akhdan, Nirwan A. Noor, Kurniawati Naim

Abstract


Berkembangnya industri pada suatu daerah, maka kebutuhan listrik juga akan meningkat, sehingga semakin besar arus listrik yang akan digunakan. Untuk memenuhi kebutuhan, dan keandalan serta ketersediaan penyaluran tenaga listrik, mutlak diperlukan sistem proteksi yang handal, Terjadinya gangguan kabel tanah pada transformator 60 MVA pada Gardu Induk Bulukumba. Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan kondisi kabel fasa S dan T yang robek , lalu menghitung setting sistem proteksi pada transformator 60 MVA Gardu Induk Bulukumba dan menganalisis perbandingan antara hasil sebelum resetting dan setelah resetting.Berdasarkan hasil perbandingan OCR sebelum dan setelah resetting diketahui bahwa waktu koordinasi antara OCR 20 kV dan OCR penyulang belum benar sehingga perlu dilakukan resetting, untuk perbandingan GFR/SBEF sebelum dan setelah diketahui bahwa terdapat kurva koordinasi waktu yang saling crossing(memotong) sehingga perlu dilakukan resetting.Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh setting yang baru untuk OCR 150 kV yaitu arus setting primer sebesar 277,128 A TMS 0,31 karakteristik standar invers, untuk OCR 20 kV arus setting primer sebesar 1.920 A TMS 0,218 karakteristik standar invers, untuk OCR penyulang arus setting primer sebesar 720 A TMS 0,219 dengan karakteristik standar invers. Pada GFR diperoleh nilai setting yang baru untuk GFR 150 kV arus setting primer sebesar 115,47 A dan TMS 0,513 karakteristik standar invers, untuk GFR 20 kV arus setting primer sebesar 60 A TMS 0,228 karakteristik standar invers, untuk GFR penyulang arus setting primer sebesar 27 A TMS 0,208 karakteristik standar invers. Pada relai SBEF di peroleh nilai setting yang baru untuk arus setting primer sebesar 30 A TMS 0,359 dengan karakteristik long time invers.


Full Text:

PDF

References


Wardani, Dwi Putri. 2020. Analisa Over Current Relai (OCR) pada Transformator Daya 60 MVA dengan Simulasi MATLAB di Gardu Induk Paya Geli. Disertasi. Medan: Universitas Panca Budi Medan.

PT PLN. 2019. Kesepakatan Bersama Proteksi 20 kV Sulawesi. Makassar: PT PLN.

PT. PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan. Pola Proteksi Gardu Induk. Jakarta: PT. PLN (Persero)

Marlin, Mimin Roi dan Muhammad Mujahidin. 2018. Analisis Pengaruh Ketidakseimbangan Beban terhadap Arus Netral dan Rugi Daya pada Trafo Daya PLN Gardu Induk Bulukumba. Disertasi. Makassar: Unismuh.

Ngedi, T. T. D. 2016. Pengggunaan Over Current Relai Dalam System Tenaga Listrik. Pengggunaan Over Current Relai Dalam Sistem Tenaga. Disertasi. Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Afandi. A. N. 2005. Sistem Tenaga Listrik Operasi Sistem dan Pengendalian. Disertasi Malang: Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Karyana. Dkk. 2013. Pedoman dan Petunjuk Sistem Proteksi Transmisi dan Gardu Induk Jawa Bali. Edisi pertama. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI