Penyelesaian Masalah Max Area of Island Menggunakan Connected 8 - Directionally

Nursan Halal, Muhammad Fahmi Rustan, Sugiarto Cokrowibowo, Nahya Nur, Wawan Firgiawan

Abstract


Penilitian ini berfokus pada pemecahan masalah komputasi Max Area of Island menggunakan metode Connected 8-Directionally dalam menentukan luas suatu wilayah. Penggunaan metode Connected 8 – Directionally untuk mencari luas wilayah dengan 8 arah sehingga memaksimalkan arsiran wilayah dalam suatu grid serta memberikan kepastian dari suatu wilayah (adanya batas wilayah yang jelas). Pengujian dari sisi fungsi dan fitur aplikasi juga menghasilkan luaran yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada pengujian sistem menggunakan metode blackbox yang dimana dari semua fitur dan fungsi yang diujikan berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dalam penulisan ini. Pengujian terakhir dalam penulisan ini menggunakan pengujian akurasi dimana dengan melakukan pengujian 10 kali data dengan data yang berbeda-beda di dapatkan akurasi sebesar 100%.

Keywords


Max Area of Island, Connected 8-Directionally

Full Text:

PDF

References


Basaria, Romauli, Setiawan, Adi and E. Sediyono, “Penentuan luas wilayah kabupaten dan kota di provinsi sulawesi tengah menggunakan metode poligon dengan bantuan google earth,†in Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 3. 9. 10.26486/jm.v3i1.606. 2018.

H. Sulistya and C. P. Nugraheni, “Menghitung Luas Daerah Suatu Wilayah Pada Peta Digital Menggunakan Teorema Green pada Bidang dengan Bantuan MS. EXCEL,†Prosiding Sendika: Vol 5, No 2, 2019.

A. Syetiawan, “Perhitungan Luas Wilayah dan Panjang Garis Pantai Indonesia Menggunakan Sistem Proyeksi Distorsi Minimal,†in Conference: Kontribusi Pendidikan Geografi di Era Revolusi 4.0, 2020.

LeetCode, “Max Area of Island,â€, [online, diakses pada 8 september 2022], https://leetcode.com/problems/max-area-of-island.

K. Yudhistiro, "Menghitung Obyek 2D Menggunakan Connected Component. Seminar Nasional Sistem Informasi," 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI