Pengembangan Sistem Alat Pendeteksi Kebocoran Pipa Tanaman Hidroponik Menggunakan Sensor WaterFlow

Haeruddin Haeruddin, Dian Megah Sari, Muhammad Fahmi Rustam, Muhammad Rafli Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kebocoran yang terjadi pada pipa tanaman hidroponik maupun tidak ada serta dapat mengetahui volume debit air yang melewati pipa tanaman hidroponik tersebut. Sensor yang digunakan dalam penelitian ini ialah sensor WaterFlow yang berfungsi untuk mengukur volume debit air. Nodemcu ESP32 adalah salah satu jenis mikrokontroler sebagai komponen utama dalam penelitian ini. Untuk mengetahui tingkat akurasi sensor yang digunakan maka dilakukan pengujian dengan menggunakan beberapa nilai kalibrasi yang masing-masing sebanyak sepuluh kali pengujian, guna untuk mengetahui nilai kalibrasi dengan tingkat error yang paling rendah dan akhirnya didapatkan nilai kalibrasi 5.5 dengan tingkat error rata-rata 7,44%.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan metode pengembang yang dipakai ialah metode prototipe. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini sensor WaterFlow akan dipasang pada pipa tanaman hidroponik guna untuk membaca volume debit air kemudian hasil pembacaan sensor tersebut akan diproses oleh nodemcu ESP32 selanjutnya akan dikirimkan ke server lalu ditampilkan di website (Blynk) secara realtime.

Keywords


Internet Of Things (IOT), Waterflow, Blynk, dan Hidroponik

Full Text:

PDF

References


M. Prawiro, “Pengertian Sistem: Definisi, Unsur-Unsur, Dan Jenis-Jenis Sistem.†Maxmanroe.com. https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-sistem.html, (Diakses: July 25, 2022).

R. Setiawan, “Memahami Apa Itu Internet of Things,†in dicoding. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-internet-of-things/, (Diakses: July 25, 2022).

D. F. A. Putra and Stafnus, “Kajian Literatur –Penggunaan Sensor Waterflow pada Proses Pencampuran Cairan Dalam Industri,†in Jurnal Sistem Komputer Vol 11 No 1, 2019.

D. Pancawati and A. Yulianto, Implementasi Fuzzy Logic Controller untuk Mengatur pH Nutrisi pada Sistem Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT). In Jurnal Nasional Teknik Elektro. 5. 10.20449/jnte.v5i2.284, 2016.

H. Kusuma, F. Ramadhan, A. Alawi, R. Nauval, & J. Setiawan, “Judul Prototype Pendeteksi Kebocoran Pipa Berbasis Iot Menggunakan Nodemcu Esp8266 Melalui Dashboard Adafruit.Io,†in Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 327-333. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.253, 2021.

U. Ulumuddin, M. Sudrajat, T. D. Rachmildha, N. Ismail, & E. A. Z. Hamidi, “Prototipe Sistem Monitoring Air Pada Tangki Berbasis Internet of Things Menggunakan NodeMCU Esp8266 Dan Sensor Ultrasonik,†In Prosiding-Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung (pp. 100-105). 2018.

Prof. Dr. Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,†Bandung: Alfabeta, 2013. 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI