Implementasi Prototyping Model untuk Pengembangan Real-Time Notifikasi Telegram Api (Application Programming Interface) pada Tugas Akhir Mahasiswa

Patimah Patimah, Dian Megah Sari, Muhammad Fahmi Rustan, Ismaun Rusman, Dian Megah Sari

Abstract


Telegram bot adalah aplikasi pihak ketiga yang berjalan di dalam telegram, dengan adanya bot memungkinkan siapa saja untuk membuat bot yang akan membalas semua penggunanya jika mengirim pesan perintah yang dapat diterima oleh bot tersebut. Aplikasi website yang digunakan civitas akdemika Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Barat tersebut yaitu sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa (SINTAKS). SINTAKS adalah sebuah aplikasi sistem informasi yang mengelola tugas akhir mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan prototyping model untuk pengembangan real time telegram API, untuk mengetahui hasil pengembangan sistem notifikasi telegram API pada tugas akhir mahasiswa, hasil penelitian yaitu penerapan prototyping model untuk pengembangan real time notifikasi telegram API pada tugas akhir mahasiswa dapat diterapkan dengan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapan yang dilakukan. Dari hasil pengembangan sistem notifikasi telegram API pada tugas akhir mahasiswa dengan menggunakan pegujian black box menunjukkan bahwa tidak memiliki defect atau kesalahan berarti sistem pengembangan yang dibuat sudah memenuhi persyaratan fungsional dimana mahasiswa saat mengupload judul maupun jadwal di SINTAKS maka secara otomatis akan ada notifikasi pesan masuk di telegram dosen.

Keywords


SINTAKS, Telegram Bot, Model Prototyping, Notifikasi, PHP

Full Text:

PDF

References


Irham, M. Haditio, F. dan Muhtaz. F. 2021. Notifikasi Sistem Informasi Akademik Melalui Bot Telegram. Jurnal E-Bisnis, Sistem informasi, Teknologi Informasi ESIT. Vol. XVI. No. 02, Hal. 82-88.

Idhom. M, Wahanani. H. E, Fauzi. A, 2019. Implementation System Telegram Bot for Monitoring Linux Server. Atlantis Highlights in Engineering (AHE).Vol.1

Neforawati, I. Andani, D. Rahmawati, E dan Fitriana, A. 2016. Pembangunan Notifikasi Berbasis Android Untuk Memantau Perawatan Pada Sistem Otomasi Akuaponik Menggunakan Mikrokontroller ATmega 2560. Jurnal Multinetics. Vol. 2, No. 2, Hal. 24-28.

Nirsal. Rusmala dan Syafriandi. 2020. Desain dan implementasi sistem pembelajaran berbasis E-Learning pada sekolah menengah pertama negeri 1 pakue tengah. Jurnal Ilmiah. Vol. 10.

Risky, D. 2019. Mengenal Prototyping Defenisi Prototype. https://medium.com/dot-intern/sdlc-metode-prototype-8f50322b14bf. Diakses 20 November 2021 pukul 09.21 wita.

Zulkarnaim, N dan Rustan, M. F. 2020. Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa. Flipbook. https://informatika.unsulbar.ac.id/sintaks/. Diakses 08 November 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI