Simulasi Pergerakan Harga Saham Menggunakan Model Brownian Motion

Wahyuni Ekasasmita, Nurul Fuady Adhalia, Armin lawi

Abstract


Teori gerak acak atau yang lebih dikenal dengan sebutan random walk, merupakan sebuah teori dalam probabilitas yang menyatakan bahwa pergerakan sebuah partikel bersifat acak (random). Teori ini menyatakan bahwa perubahan harga saham memiliki distribusi yang sama dan tidak bergantung satu sama lain. Hal ini mengartikan bahwa peluang harga saham meningkat sama besarnya dengan peluang harga saham tersebut menurun. Asumsi ini menghasilkan suatu sifat, yakni sifat simetrik pada random walk. Random walk yang simetrik merupakan random walk yang mempunyai peluang yang sama untuk dua nilai yang berbeda. Brownian motion dapat dibentuk dari sebuah random walk yang simetris, yaitu dengan mencari nilai limit dari distribusi random walk tersebut. Random walk dan Brownian motion dapat dipakai untuk memodelkan pergerakan harga saham. Model pergerakan harga saham dengan kedua teori tersebut dapat memberikan gambaran yang mendekati kenyataannya. Penelitian ini membahas tentang simulasi pergerakan harga saham dengan menggunakan model Brownian motion. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat Python. Hasil simulasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Brownian motion akan cenderung lebih baik dalam simulasi pergerakan harga saham karena nilai pendekatan yang diberikan lebih mendekati nilai sebenarnya.


Keywords


Brownian motion, Random Walk, Python, Saham

Full Text:

PDF

References


N. Hadi, “Pasar modal: Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modalâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, 2017.

B.J. McDonald. “Probability distributions for ï¬nancial modelsâ€, in: G. S. Maddala and C. R. Rao (Eds) Statistical Methods in Finance, Vol. 14 of Handbook of Statistics, pp. 427–461 (Amsterdam: Elsevier), (1996)

J. L, Knight. and S. E. Satchell. “Pricing derivatives written on assets with arbitrary skewness and kurtosisâ€, in: J. L. Knight and S. E. Satchell (Eds) Return Distributions in Finance, pp. 252–275, 2001.

K. Itô, and H. P. McKean. “Diffusion Processes and Their Sample Paths†New York: Springer. 1965.

D. M. Putri, L. H. Hasibuan “Penerapan Brownian motion Geometrik pada Data Saham PT. ANTMâ€, MAP (Mathematics and Application) Journal, 2(2), 1-10, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI