Pengaruh Pembebanan Terhadap Sistem Eksitasi Generator Sinkron Sf 33.065 Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso 1 Energy

Kevin Chrisdanial Sindang, Baso Mukhlis, Yusnaini Arifin, Maryantho Masarrang

Abstract


Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)  Poso 1 Energy, perubahan beban jaringan interkoneksi pada generator yang terjadi setiap waktu akan menyebabkan berubahnya nilai tegangan generator serta dapat mempengaruhi bagaimana kinerja generator baik secara lagging ataupun leading. Adapun kondisi Lagging pada generator dipengaruhi oleh beban-beban yang bersifat induktif sehingga menyebabkan arus akan tertinggal dari tegangan. Untuk kondisi Leading pada generator, umumnya disebabkan oleh beban-beban yang bersifat kapasitif dimana kondisi arus akan mendahului tegangan. Adapun tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana  dampak dari perubahan beban terhadap besarnya perubahan eksitasi dalam mempertahankan kestabilan tegangan generator serta hubungan antara arus eksitasi terhadap perubahan beban daya reaktif pada kondisi leading generator yang disebabkan oleh beban-beban kapasitif pada jaringan interkoneksi di PLTA Poso 1 Energy

Keywords


Excitation Current, Loading, Characteristics

Full Text:

PDF

References


Muzayyin, Akhmad. 2018. Analisis Sistem Eksitasi Generator Sinkron 3 Phase di Plta Wonogiri Unit Pembangkit Mrica. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Marsaoly, William. 2020. Pengaruh Arus Eksitasi Terhadap Daya Reaktif Generator di Unit 3 PT. Indonesia Power Suralaya PGU. Jakarta: Institute Teknologi PLN.

Purnomo, Setyo. 2020. Analisis Hubungan Variabel Pada Sistem Eksitasi Terhadap Performa Generator Sinkron Pada Pltu Kaltim Teluk. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Ramadhanti, Savira. 2020. Analisis Pengaruh Perubahan Arus Eksitasi Terhadap Daya Reaktif dan Tegangan Terminal Generator Unit 3 PLTP Gunung Salak. Jakarta: Institute Teknologi PLN.

Septiawan, Dwi. 2017. Studi Sistem Eksitasi Pada Generator Sinkron di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Musi Bengkulu. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Sentosa, Ari. 2018. Analisis Sistem Eksitasi Terhadap Performa Generator Sinkron di Pltu Suralaya. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Urnianto, Sabar. 2018. Analisis Performa Generator Qf-110-2 PLTU Sebalang. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI