Rancang Bangun Prototype Sistem Pengendalian Pintu Pagar Dengan Pemindai Wajah dan Aplikasi Telegram

reski praminasari, muhammad haddad al faiz, muhammad irsal, Mohammad adnan

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat saat ini memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana segala hal teknologi dan ilmu pengetahuan diimplementasikan ke dalam mesin ataupun elekronika, sehingga peralatan dapat bekerja secara otomatis yang tentunya hal itu dapat mempermudah pekerjaan manusia tanpa harus membuang tenaga dan dapat mempersingkat waktu. Salah satu penerapan teknologi otomatis adalah pengendali pintu pagar dengan peindai wajah dan aplikasi telegram, dengan adanya sistem ini dapat memudahkan dalam membuka dan menutup pagar rumah tanpa harus membuang tenaga dengan cara mendorong ataupun menarik pagar yang menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga. Banyak penelitian yang dilakukan mengenai hal pengiriman perintah menggunakan aplikasi telegram dan sistem pemindaian wajah. Penelitian yang dilakukan sebelumnya membahas mengenai sistem pengendali pintu pagar menggunakan sensor sidik jari hingga remote control. Tujuan tugas akhir ini yaitu merancang sistem pengendali pintu pagar menggunakan kamera dari ESP32-CAM sebagai pendeteksi wajah pengguna alat dan pengendali jarak jauh menggunakan aplikasi telegram. Metode yang akan digunakan dalam pengendali ini yaitu menggunakan motor DC yang dilengkapi dengan tombol manual, kamera untuk memindai wajah menggunakan ESP-32 CAM serta pengendalian jarak jauh menggunakan bot Telegram. Sehubungan dengan itu, penelitian ini diawali dengan studi literatur, identifikasi masalah, perancangan sistem perangkat keras dan perancangan sistem perangkat lunak. Berdasarkan hasil percancangan, peengujian dan analisa hasil perancangan, didapatkan sistem pengendali pintu pagar dengan kemampuan yaitu, untuk pemindaian wajah jarak maksimal yaitu 50 cm, objek akan mendeteksi wajah dan membuka pagar secara otomatis. Untuk pengendalian jarak jauh menggunakan bot telegram tidak berbasis jarak namun berbasis jaringan serta koneksi yang stabil yang dikirimkan kepada NodeMCU ESP8266.


Full Text:

PDF

References


S. F. Dwiyudanti, PEMANFAATAN RFID PADA E-KTP DALAM SISTEM KEAMANAN MOBIL DENGAN KAMERA PEMANTAU. eprints.polsri.ac.id, 2020.

D. Kho, “Pengertian Mikrokontroler (Microcontroller) dan Strukturnya,†2020. https://teknikelektronika.com/pengertian-mikrokontroler-microcontroller-struktur-mikrokontroler/.

F. G. Becker et al., “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle,†Syria Stud., vol. 7, no. 1, pp. 37–72, 2015, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625.

B. Y. G. Pratama, “ALAT PENGENDALI PINTU GERBANG DAN GARASI MENGGUNAKAN NODEMCU DEVKIT ESP 8266 DENGAN APLIKASI BLYNK BESERTA SENSOR INFRARED,†2019, [Online]. Available: http://eprints.akakom.ac.id/8445/3/3_163310011_BAB_II.pdf.

J. Ginting, Smart House Berbasis Web Server Menggunakan ESP 32 Sebagai Door Lock Menggunakan Face Lock. repositori.usu.ac.id, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI