Pemodelan Kotak 3D Menggunakan Sensor MPU6050

muhammad fathur rahman N, YURIKA NANTAN, WISNA SAPUTRI ALFIRA WS

Abstract


Artikel ini membahas tentang penggunaan sensor MPU6050 dalam konteks gambar 3D. Penggunaan sensor MPU6050  bisa dikatakan sangat kompleks dalam pengujian kali ini, dimana dalam satu modul terdapat accelerometer dan gyroscope sehingga memudahkan dalam penggunaan dan biaya yang rendah. Sensor ini bekerja dengan mendeteksi keadaan percepatan saat ini secara real time menggunakan accelerometer, sedangkan untuk mendeteksi perubahan pada putaran yang terjadi pada gerak robot menggunakan Gyroscope. Komponen utama yang digunakan dalam pengujian ini diantaranya Arduino Nano, sensor GY-521(MPU6050), dan LCD OLED 0.9 inch. Sensor GY-521 berfungsi untuk mendeteksi getaran dan perubahan posisi yang kemudian Arduino Nano akan mengolah data yang diterima dan diteruskan ke LCD untuk menampilkan perubahan gambar kotak secara kontinou. Disamping tampilan gambar kotak ditampilakan pula nilai (aX, aY) hasil pengukuran untuk sensor accelerometer dan (gX, gY) untuk hasil pengukuran sensor gyroscope untuk melihat besaran pengukuran dari accelerometer dan gyroscope. Dalam penerapannya hasil yang didapatkan dalam pengujian ini gambar kotak yang ditampilkan pada LCD dapat bergerak secara kontinous mengikuti perubahan posisi board yang digerakkan. Perubahan nilai pengukuran sensor GY-521 yang sangat cepat membutikkan bahwa sensor ini memiliki akurasi yang baik.

Full Text:

PDF

References


Barış Can Yalçın, “Design of a Low Cost Motion Data Acquisition Setup for Mechatronic Systemsâ€, World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Computer and Systems Engineering Vol:8, No:7, 2014.

XiJing University, Xi’an, Shaanxi, “Design of Angle Detection System Based on MPU6050â€, Advances in Computer Science Research (ACSR), volume 73. 7th International Conference on Education, Management, Information and Computer Science (ICEMC 2017)

MUHAMMAD RIKHAS, “IMPLEMENTASI SENSOR IMU MPU6050 BERBASIS SERIAL I2C PADA SELF-BALANCING ROBOT†JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA ISSN: 1979-8415. Vol. 9 No. 1 Agustus 2016

http://www.varesano.net/projects/hardware/FreeIMU


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI