Penerapan Metode Scrum dengan Framework Flutter dalam Teknologi Location Based Service Pada Sistem Provos Polisi

Andi Maulidinnawati Abdul Kadir Parewe, A. Sumardin, Muhammad Isra Pratama

Abstract


Provos Polisi adalah sub organisasi yang dibawah naungan profesi dan pengamanan atau Propam yang bertanggung jawab terhadap masalah pembinaan dalam Propam. Provos polisi bekerja secara disiplin dengan waktu yang tepat yang telah ditetapkan hanya saja dalam proses waktu bekerja mempunyai beberapa kendala sehingga menghambat kerja provos polisi oleh karena itu pada penelitian ini membuatkan sebuah aplikasi sistem sebagai solusi dengan menerapkan pengembangan metode scrum dan framework flutter dalam teknologi location based sebagai beberapa tahap dalam menyelesaikan aplikasi sistem informasi pengawasan dan pengamanan dengan harapan hasil maksimal yang mampu membantu dan mengefisienkan kinerja provos polisi. Berdasarkan hasil akumulasi pengujian UAT dari setiap pertanyaan pada tabel dapat disimpulkan bahwa 88% responden menyukai dan membutuhkan aplikasi ini untuk diterapkan dengan menggunakan pengujian blackbox.

Full Text:

PDF

References


A. A. S. N. Indradewi, “Hambatan Satuan Provos dalam Melakukan Pengawasan Terhadap Anggota Polri ( Studi di Polresta Denpasar ),†Kerta Dyatmika, pp. 1–10, 2015.

A. Suharto, S. Chairiansyah, and A. B. Prasetyo, “Aplikasi Location Based Service untuk Melakukan Tracking Berbasis Android dengan Metode Rapid Application Development,†J. ESIT (E-Bisnis, Sist. Informasi, Teknol. Informasi), vol. 17, no. 2, 2022.

S. P. U. Atmoko, K. Eviyanti, W. Sari, and S. C. Haryanti, “Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Tuberkulosis Menggunakan Metode Scrum,†INOVTEK Polbeng-Seri Inform., vol. 7, no. 1, pp. 83–96, 2022.

I. H. Muttaqi, H. Tolle, and B. T. Hanggara, “Pengembangan Aplikasi Komunitas Rukun Warga berbasis Mobile,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, p. 964X.

A. Przybyłek and M. E. Morales-Trujillo, Advances in Agile and User-Centred Software Engineering. 2020. doi: 10.1007/978-3-030-37534-8.

A. I. Ramdhani, Z. M. Subekti, and M. D. Suryadi, “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Rancang Bangun Aplikasi Inventory Logistik Berbasis Website Menggunakan Metode Scrum Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD,†vol. 5, pp. 161–173, 2022.

M. W. Astuti, H. A. Mumtahana, and R. Pamungkas, “Aplikasi Monitoring Kinerja" WORM-APP" untuk Dosen dan Karyawan (Studi Kasus: Universitas PGRI Madium),†J. IT, vol. 12, no. 2, pp. 78–89, 2021.

S. Ernawati, R. Wati, and I. Maulana, “Penerapan model fountain untuk pengembangan aplikasi text recognition dan text to speech berbasis android menggunakan flutter,†Pros. Snast, pp. 178–186, 2021.

M. A. R. Sikumbang, R. Habibi, and S. F. Pane, “Sistem Informasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode RAD dan Metode LBS Pada Koordinat Absensi,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 59, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1445.

E. Sumiati, E. C. Sasmoro, D. Muliansyah, and A. R. Baktiar, “Pengujian Menggunakan Black Box Testing dengan Teknik State Transition Testing Pada Perpustakaan Yayasan Pendidikan Islam Pakualam Berbasis Web,†JATIMIKA J. Kreat. Mhs. Inform., vol. 2, no. 1, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI