Rancang Bangun Tracking Koper Menggunakan GPS

Deby Noviana Situmorang, Tiza Kirana, Christian Lumembang, Daniel Kambuno

Abstract


Koper adalah salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan berbagai barang berharga pada saat berpergian. Keberadaan koper sering ditemukan di sarana dan prasarana trasnportasi umum, oleh karena itu koper sangat rentan menjadi salah satu objek tindak kejahatan sehingga dari kasus ini dibuatlah sebuah alat pemantau koper yang berfungsi untuk melacak maupun mengetahui keberadaan koper dengan menggunakan aplikasi IoT yaitu Blynk. Alat ini menggunakan GPS UBlox Neo 6M sebagai penentu titik koordinat dari koper tersebut serta NodeMCU LoLin V3 sebagai mikrokontroler. Alat pelacak koper ini menggunakan aplikasi google maps bawaan Blynk untuk melacak lokasi koper. Titik letak koper tersebut akan muncul pada tampilan antarmuka di aplikasi Blynk dan titik koordinat tersebut dapat dilacak dengan menggunakan smartphone. Hasil pengujian yang didapatkan dengan adanya alat ini yaitu GPS yang kami gunakan lebih presisi dibandingkan google maps dan pengguna koper dapat secara langsung melihat ataupun melacak keberadaan koper dengan menggunakan aplikasi Blynk.


Full Text:

PDF

References


R. P. PUTRA, Aplikasi GPS APM2. 5 NEO-6M Pada Robot Terbang Pendeteksi Asap. eprints.polsri.ac.id,

R. Hermawan and A. Abdurrohman, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS PADA ALARM SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN NodeMcu LoLiN V3 DAN MEDIA TELEGRAM,†Infotronik J. Teknol. …, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/infotronik/article/view/453

A. Ridwanto and W. Broto, “Perancangan power bank dengan menggunakan dinamo sepeda sederhana,†Pros. Semin. Nas. Fis. …, 2017, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4398.

M. T. Udara, “Tinjauan yuridis penggunaan power bank dalam pesawat udara serta dampaknya terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan,†vol. 11, no.1, pp. 5–10, 2018.

F. Supegina and E. J. Setiawan, “Rancang bangun IoT temperature controller untuk enclosure BTS berbasis microcontroller wemos dan android,†Jurnal …. download.garuda.kemdikbud.go.id, 2017, [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1687947&val=8338&title=RANCANG BANGUN IOT TEMPERATURE CONTROLLER UNTUK ENCLOSURE BTS BERBASIS MICROCONTROLLER WEMOS DAN ANDRO


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI