Rancang Bangun Kendali Robot Mekanum Menggunakan Metode Face Kontrol

Achmad Nur Aliansyah, Safarudin M, Luther Pagiling, Nita Zelfia Dinianti Luzi Mulyawati

Abstract


Robot vision merupakan cabang ilmu dirobotika yang mempelajari akusisi dan pemrosesan citra untuk digunakan pada system kendali robot. Salah satu bidang ilmu yang menggunakan pengelolahan citra dan visi komputer yang saat ini banyak dikembangkan adalah system deteksi wajah manusia atau bisa di sebut face tracking. Salah satu sensor yang dapat melakukan Teknik Face Tracking adalah MU vision sensor, dimana sensor dapat mengenali dan menemukan berbagai objek, yang selanjutnya dikeluarkan melalui UART dan IIC. Dalam penelitian ini, sensor digunakan untuk mendeteksi pergerakan wajah manusia. Jarak yang digunakan antara wajah dan robot adalah 40 cm. Terdapat 4 buah gerakan yang diterjemahkan menjadi perintah kendali robot yaitu pada saat wajah mendekati robot, maka robot akan bergerak mundur; Ketika wajah menjauh dari robot, maka root akan bergerak maju; Ketika wajah ke kiri, maka robot akan bergerak ke kanan; dan Ketika wajah ke kanan, robot akan bergerak ke kanan. Dari hasil pengujian yang dilakukan, tingkat keberhasilan robot dalam mendeteksi arah kanan 95%, kiri 65%, maju 95%, dan mundur 90%. Hal-hal yang mempengaruhi tingkat keberhasilan robot dalam mendeteksi gerakan adalah, cepatnya pergerakan wajah dan juga intensitas cahaya dalam ruangan. Untuk pengembangan kedepannya robot dapat dilengkapi dengan pencahayaan agar dapat meminimalisir kurangnya intensitas cahaya dalam ruangan uji.

Keywords


Robot Vision, Teknik Face Tracking, Robot Mecanum.

Full Text:

PDF

References


J. Y. Mambu, A. Wahyudi, Z. Reinaldo, and T. Braif, “Robot Perekam Objek Berbasis Face Tracking Video Recording Robot with Face Tracking,†Cogito Smart J., vol. 3, p. 165, 2017.

W. D. P. Budiharto, Robot-Vision. Andi, 2012.

E. W. dan W.Hadikurniawan, “Model Deteksi Wajah (Face Tracking) Dan Pengukuran Jarak Wajah (Distance Estimation ) Secara Realtime Menggunakan 3D Stereo Vision Camera Untuk Face Robotic System.†2014.

K. Kunci and A. M. R. Voice, “JETC , Volume 14, Nomor 2, Des 2019,†vol. 14, pp. 1–11, 2019.

C. Herkariawan, N. R. S. Muda, and D. Minggu, “Rancang Bangun Sistem Kendali Menggunakan Gesture Control Pada Robot Tempur Penyemprot Disinfektan Berbasis Arduino,†J. Telkommil, 2020.

A. Sarjono, F. Ardilla, and A. R. A. Besari, “Robot Pendeteksi Wajah Dan Penghindaran Halangan,†pp. 1–5, 2004.

B. A. B. Iii, A. Metode, and D. Penelitian, “Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan , Alfabeta, Bandung, 2011, hlm. 112. Ibid ., hlm.113. 26,†pp. 26–47, 2011.

Fajar Timang Patiung, Arie.S.M. Lumenta ST, MT., Sherwin R.U.A. Sompie, ST., MT., Brave.A.Sugiarso ST, MT. “Rancang Bangun Robot Beroda dengan Pengendali Suaraâ€, e-journal Teknik Elektro dan Komputer (2013).

Syukranullah, Bukhari, Amalia Ismi, “Rancang bangun Robot Lengan Berbasis Mikrokontroler Arduino Unoâ€, jurnal mesin sains terapan vol.3 no.1, 2019.

Daisy A.N Janis, David Pang, ST., MT, J. O. Wuwung ST., MT. “Rancang Bangun Robot Pengantar Makanan Line followerâ€, e-journal Teknik Elektro dan Komputer (2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI