PENGARUH GENDER TERHADAP PERILAKU BELANJA TAK TERENCANA (IMPULSE BUYING BEHAVIOUR) (STUDI KASUS PELANGGAN RITEL MODERN DI MAKASSAR)”

Penulis

  • Jayadi Jayadi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis kelamin terhadap perilaku impulsive buyingpelanggan dalam berbelanja di ritel modern. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan informasitentang tanggapan responden terhadap sub variabel-sub variabel impulsive buying. Secara praktis, hasil penelitian inidiharapkan dapat membantu pembaca untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis kelamin terhadap perilakuimpulsive buying pelanggan dalam berbelanja di ritel modern. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pembuktianempiris serta menemukan kejelasan fenomena tentang perilaku belanja tak terencana (Impulse Buying Behavior) padapelanggan ritel modern baik laki-laki maupun perempuan serta Pengaruh Gender Terhadap Perilaku Belanja TakTerencana (Impulse Buying Behaviour) (Studi Kasus Pelanggan Ritel Modern di Makassar)â€. Penelitian deskriptifbertujuan untuk memperoleh gambaran/deskripsi tentang perilaku belanja tak terencana (Impulse Buying Behaviour)oleh pelanggan laki-laki dan perempuan di supermarket Makassar. Selanjutnya, tipe penyelidikan yang digunakan dalampenelitian adalah pendekatan kausalitas (Causal research) untuk menjelaskan bagaimana pengaruh gender terhadapperilaku belanja tak terencana (Impulse Buying Behaviour) oleh pelanggan supermarket di Makassar . Unit analisispenelitian ini adalah pelanggan supermarket yang berusia 18-22 tahun yang dalam kategori pelanggan remaja lanjut dandewasa awal di Makassar. Pengambilan data primer menggunakan pendekatan cross sectional dimana data diambil satukali pada April 2017 di Politeknik Negeri Ujung Pandang di Makassar yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Jumlahsampel yang akan diambil pada penelitian ini adalah sebesar 51 responden laki-laki dan perempuan. Teknik analisis datayang digunakan untuk mengetahui pengaruh gender terhadap keputusan pembelian tidak terencana oleh pelanggansupermarket di Makassar adalah analisis regresi sederhana yang merupakan metode statistika untuk menganalisispengaruh antara dua variabel dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitianmaka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut:a). Perilaku belanja tak terencana (Impulsive buyingBehavior) pada pelanggan ritel modern baik laki-laki maupun perempuan di Makassar memiliki kecenderungan sikapyang hampir sama. b). Pengaruh jenis kelamin terhadap perilaku impulsive buying dalam berbelanja di supermarket padatingkat kepercayaan 95% memberikan hasil yang tidak signifikan.

Referensi

Agustiarini, Arika Indah. 2012. Pengaruh Faktor Situasional terhadap Pembelian Impulsif (Midnight Sale Centro

Department Store Yogyakarta). Tesis Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia Tahun 2013

Bayley, Geoff, & Clive Nancarrow. 1998. Impulse Purchasing: A Qualitative Explanation of The Phenomenon. MCB

UP Limited.

Belk, Russel W. 1975. Situational Variable and Consumer Behavior. Journal of Consumer

Research, Vol 2, December, pp157-164.

Engel J, Blackwell R. 1982. Consumer Behaviour. Dryden Press, Chicago, IL.

Cobb CJ & Hoyer WD. 1986. A Planned Versus Impulse Purchase Behavior, Journal of Retailing, Vol. 62, Winter, pp

-81.

Hausman, A, A Multi-Method Investigation of Consumer motivations in Impulse Buying Behavior, Journal of

Consumer marketing, Vol. 17 No. 15, 2000.

Kollat DT & Willet RP. 1967. A Consumer Impulse Purchasing Behavior. Journal of Marketing Research, Vol.4,

February, pp. 21-31.

Mowen, J. C. and Michael Minor. 2001. Consumer Behavior. Fifth Edition, Harcourt, Inc.

Rahmasari, Lisda. 2010. Menciptakan Impulse Buying. Majalah Ilmiah INFORMATIKA. Vol 1. No.3. September.

Rohman, Fatchur. 2009. Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif Sebagai Mediasi Pengaruh Faktor

Situasional Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Butik Kota Malang. Disertasi Progam

Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Wathani, Fikrah. 2009. Perbedaan Kecenderungan Pembelian Impulse Produk Pakaian Ditinjau dari Peran Gender. USU

Repository.

www.minimarketrak.com Dpublikasikan pada tanggal 1 Januari 2017 (Di unduh tanggal 20 Februari 2017 Pukul

00 WITA).

Diterbitkan

2018-08-28

Terbitan

Bagian

ADMINISTRASI, AKUNTANSI, BISNIS, DAN HUMANIORA