PERGESERAN PANGSA PASAR PRODUK NUGGET AYAM DI KOTA MAKASSAR
Abstrak
The many brands of chicken nuggets such as Fiesta, So Good and Champ on the market will bring about a competitionamong companies. The purpose of this research is to know and analyze brand shift (brand switch) product. This studyprovides benefits that can estimate market share in the future. This research was conducted for two months starting fromJuly to August 2017 in Makassar City. The populations in this study are consumers who visit the modern market inMakassar. Sampling in this study was set as many as 100 respondents. Sampling is done by Accidental sampling. Dataanalysis technique used is Markov Chain (Markov Chain). The results indicate that the shift in the market share ofchicken nuggets products in Makassar City as a result of the displacement of the brand. Fiesta brand rose 5%, So Goodup 4% and Champ down 9%.Referensi
Abisatya, Diaz. 2009. Competitive Advertising Serta Dampaknya Pada Perilaku Brand Switching Konsumen. Jurnal
Bisnis Dan Manajemen 10(1): 1-16.
Alifianti, D. R., Hartono, B. & Utami D. H. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Chicken Nugget Di
Kota Malang. Jurnal Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.
Hady, Novian. 2008. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Chicken Nugget (Kasus Delfarm & So Good
Perumahan Villa Ciomas Indah Bogor). Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas
Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Hatidja, Djoni. Abdullah, Sri. Salaki, dan Deiby. 2013. Pergeseran Pangsa Pasar Kartu Seluler Pra Bayar GSM
Menggunakan Analisis Rantai Markov (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Unsrat Manado). Prosiding. Seminar
Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Yogyakarta: 55-62
Kotler, Philip dan Keller, 2013. Marketing Management fourteenth edition. London: Pearson Education.
Maman, P. 2013. Penentuan Jumlah dan Teknik Pengambilan Sampel untuk Sosial Ekonomi. Program Studi Sosial
Ekonomi Peternakan. Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran. Bandung.
Najib, Mukhamad. 2009. Analisis Konsumen Berpindah Merek (BrandSwitcher) Pada Bank Syariah Dan Bank
Konvensional (Studi Kasus Pada Nasabah Di Wilayah Darmaga Bogor). TAZKIA Islamic Finance & Business
Review 4(1): 1-25.
Nurmalia. 2011. Nugget Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Sebagai Alternatif Makanan Siap Saji Rendah Lemak dan
Tinggi Serat. Skripsi. Program Studi Ilmu Gizi. Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro, Semarang
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9. Salemba Empat. Jakarta.
Putri, Dea Maharani. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Chicken Nugget
Fiesta di Kota Bekasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor
Rahardjo , Christopher Richie. 2016. Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food.
PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 1, Nomor 1, April 2016: 32-43.
Santoso, Dharmawan dan Najib, Mukhammad. 2015. Brand Equity Susu Cair UHT dan Pengaruhnya Pada Purchase
Intention. Jurnal Manajemen & Agribisnis 12(1): 46-56.
Setyaningsih, D., A. Apriyantono dan M.P. Sari. 2010. Analisis Sensori Untuk Industri Pangan dan Agro. IPB Press.
Bogor.
Sumarni, R. 2010. Analisis Pergeseran Merek (Brand Switch) Produk Susu UHT Di PT. Hypermart Cabang
Panakukang, Makassar. Skripsi. Program Sarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.
Thawil, Ayu N. 2014. Pengaruh Ketidakpuasan Pasca Konsumsi dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan
Perpindahan Merek Handphone GSM dari Merek Blackberry Ke Samsung. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen
(4): 73-89.
Widyasari, Suzy. 2008. Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Sepeda Motor. Jurnal
Bisnis dan Ekonomi 15(2): 107- 127.
Wirawan, Edwin Muhammad. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Citra Merek
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Chicken Nugget Fiesta Di Kota Semarang). Skripsi.
Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.