PENGARUH GENDER TERHADAP PERILAKU BELANJA TAK TERENCANA (IMPULSE BUYING BEHAVIOUR) (STUDI KASUS PELANGGAN RITEL MODERN DI MAKASSAR)â€

Jayadi Jayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis kelamin terhadap perilaku impulsive buying
pelanggan dalam berbelanja di ritel modern. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan informasi
tentang tanggapan responden terhadap sub variabel-sub variabel impulsive buying. Secara praktis, hasil penelitian ini
diharapkan dapat membantu pembaca untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis kelamin terhadap perilaku
impulsive buying pelanggan dalam berbelanja di ritel modern. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pembuktian
empiris serta menemukan kejelasan fenomena tentang perilaku belanja tak terencana (Impulse Buying Behavior) pada
pelanggan ritel modern baik laki-laki maupun perempuan serta Pengaruh Gender Terhadap Perilaku Belanja Tak
Terencana (Impulse Buying Behaviour) (Studi Kasus Pelanggan Ritel Modern di Makassar)â€. Penelitian deskriptif
bertujuan untuk memperoleh gambaran/deskripsi tentang perilaku belanja tak terencana (Impulse Buying Behaviour)
oleh pelanggan laki-laki dan perempuan di supermarket Makassar. Selanjutnya, tipe penyelidikan yang digunakan dalam
penelitian adalah pendekatan kausalitas (Causal research) untuk menjelaskan bagaimana pengaruh gender terhadap
perilaku belanja tak terencana (Impulse Buying Behaviour) oleh pelanggan supermarket di Makassar . Unit analisis
penelitian ini adalah pelanggan supermarket yang berusia 18-22 tahun yang dalam kategori pelanggan remaja lanjut dan
dewasa awal di Makassar. Pengambilan data primer menggunakan pendekatan cross sectional dimana data diambil satu
kali pada April 2017 di Politeknik Negeri Ujung Pandang di Makassar yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Jumlah
sampel yang akan diambil pada penelitian ini adalah sebesar 51 responden laki-laki dan perempuan. Teknik analisis data
yang digunakan untuk mengetahui pengaruh gender terhadap keputusan pembelian tidak terencana oleh pelanggan
supermarket di Makassar adalah analisis regresi sederhana yang merupakan metode statistika untuk menganalisis
pengaruh antara dua variabel dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian
maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut:a). Perilaku belanja tak terencana (Impulsive buying
Behavior) pada pelanggan ritel modern baik laki-laki maupun perempuan di Makassar memiliki kecenderungan sikap
yang hampir sama. b). Pengaruh jenis kelamin terhadap perilaku impulsive buying dalam berbelanja di supermarket pada
tingkat kepercayaan 95% memberikan hasil yang tidak signifikan.

Full Text:

Untitled PDF

References


Agustiarini, Arika Indah. 2012. Pengaruh Faktor Situasional terhadap Pembelian Impulsif (Midnight Sale Centro

Department Store Yogyakarta). Tesis Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia Tahun 2013

Bayley, Geoff, & Clive Nancarrow. 1998. Impulse Purchasing: A Qualitative Explanation of The Phenomenon. MCB

UP Limited.

Belk, Russel W. 1975. Situational Variable and Consumer Behavior. Journal of Consumer

Research, Vol 2, December, pp157-164.

Engel J, Blackwell R. 1982. Consumer Behaviour. Dryden Press, Chicago, IL.

Cobb CJ & Hoyer WD. 1986. A Planned Versus Impulse Purchase Behavior, Journal of Retailing, Vol. 62, Winter, pp

-81.

Hausman, A, A Multi-Method Investigation of Consumer motivations in Impulse Buying Behavior, Journal of

Consumer marketing, Vol. 17 No. 15, 2000.

Kollat DT & Willet RP. 1967. A Consumer Impulse Purchasing Behavior. Journal of Marketing Research, Vol.4,

February, pp. 21-31.

Mowen, J. C. and Michael Minor. 2001. Consumer Behavior. Fifth Edition, Harcourt, Inc.

Rahmasari, Lisda. 2010. Menciptakan Impulse Buying. Majalah Ilmiah INFORMATIKA. Vol 1. No.3. September.

Rohman, Fatchur. 2009. Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif Sebagai Mediasi Pengaruh Faktor

Situasional Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Butik Kota Malang. Disertasi Progam

Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Wathani, Fikrah. 2009. Perbedaan Kecenderungan Pembelian Impulse Produk Pakaian Ditinjau dari Peran Gender. USU

Repository.

www.minimarketrak.com Dpublikasikan pada tanggal 1 Januari 2017 (Di unduh tanggal 20 Februari 2017 Pukul

00 WITA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.