PENGARUH KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, DISKON, DAN CASHBACK TERHADAP KONSUMSI MAHASISWA MENGGUNAKAN E-WALLET

Authors

  • Teguh Pernanda Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin
  • Andi Aswan Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Bintang Balele Fakultas Sosial, Ekonomi & Humaniora, Universitas Cokroaminoto

DOI:

https://doi.org/10.31963/jba.v1i2.3011

Abstract

Penggunaan E-wallet sebagai salah satu alat pembayaran non tunai menjadi semakin berkembang. Meskipun demikian, masih terdapat kelompok masyarakat yang masih enggan menggunakannya salah satunya karena pertimbangan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, persepsi diskon dan cashback, terhadap tingkat pengeluaran mahasiswa dengan menggunakan e-wallet. Penelitian ini menggunakan sample terdapat 70 Mahasiswa yang menjadi sampel dengan menjawab daftar pertanyaan melalui kusioner online yang disebar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemanfaatan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap persentase konsumsi. Sedangkan, variabel persepsi diskon dan cashback berpengaruh positif dan signifikan terhadap persentase konsumsi Mahasiswa menggunakan e-wallet.

Author Biography

Andi Aswan, Universitas Hasanuddin, Indonesia

SINTA ID : 5989905

Downloads

Published

2021-12-03