ANALISIS BRAND AWARENESS DAN PENGARUHNYA TERHADAP BUYING DECISION MOBIL TOYOTA CALYA DI MAKASSAR

Authors

  • Syahriah Sari
  • Syamsuddin Syamsuddin
  • Syahrul Syahrul

DOI:

https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT Hadji Kalla di Makassar. Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu turunnya pejualan mobil toyota calya selama rentang waktu 2017-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: brand awareness, buying decision dan pengaruh brand awareness terhadap buying decision Toyota Calya di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand awareness sangat baik dan keputusan pembelian sangat baik. Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying decision Toyota Calya di Makassar.

References

Dharmanesa, B. (2017). Manajemen pemasaran. Edisi 2, Tangerang Selatan: Universitas

Terbuka.

Hakimah, E. N. (2016). Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas

merek terhadap keputusan pembelian makanan khas daerah Kediri tahu merek "POO" pada

pengunjung toko pusat oleh-oleh Kota Kediri. Jurnal NUSAMBA, (Online), 1 (1).

(Https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/296), diakses 21 Maret 2020.

Juliana, S. (2019). Pengaruh penempatan produk dan kesadaran merek terhadap niat beli. Jurnal

Manajemen dan Pemasaran Jasa, (Online), 12.

(Http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702), diakses 26 April 2020.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2017). Manajemen pemasaran. Edisi 12, Jilid 1, Dialihbahasakan

oleh Benyamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Marolla, S. F.H. (2013). Gambaran komponen yang mempengaruhi keputusan membeli

handphone Blackberry dan gaya hidup konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas

Surabaya, (Online), 2 (1). (Https://media.neliti.com/media/publications/183986-ID-

gambaran-komponen-yang-mempengaruhi-kepu.pdf), diakses 20 Juli 2020

Sari, Vika Y., dkk. (2017). Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek

terhadap keputusan pembelian handphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi

Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatra Barat). Jurnal of Economic and Economic

Education, (Online), 5 (2). (Http://dx.doi.org/10/2202/economica.2017.5.1852), diakses 7

Juni 2020.

Sukotjo, H. (2016). Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan brand image terhadap

keputusan pembelian Aqua. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), 5( 5).

Tajudin, Makhdaleva Hanura dan Ade Sofyan Mulazid. 2017. Pengaruh promosi, kepercayaan,

dan kesadaran merek terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji

(Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Islam,

(Online), 8 (1). (Http://journal.islamiconomic.or.id/index.php/ijei/article/view/64) diakses 26

April 2020.

Tjiptono, Fandy, & Anastasia D. (2016). Pemasarn esensi & aplikasi. Yogyakarta: CV Andi

Offset.

Wibowo, S. F., & Karimah, M. P. (2012). Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan

pembelian sabun Lux (Survei pada pengunjung Mega Bekasi Hypermall). JRMSI-Jurnal

Riset Manajemen Sains Indonesia, 3 (1).

(Http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/771), diakses 21 Juli 2020

Journal of Business Administration, Vol.1, No.1, Juni 2021

E-ISSN: 0000-0000

P-ISSN: 0000-0000

P-

Winadi, J. S. (2017). Hubungan word of mouth dengan brand awareness teh kotak. Jurnal E-

Komunikasi, (Onlie), 5 (1). (Https://media.neliti.com/media/publications/185778-id-

hubungan-word-of-mouth-dengan-brand-awar.pdf), diakses 10 September 2020.

Yonaliza, Y. D. H. (2014). Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas

terhadap keputusan pembelian pc tablet samsung Galaxy di Kota Padang. Jurnal of

Economic and Economic Education, (Online), 2 (2).

(Http://dx.doi.org/10.22202/economica.2014.v2.i2.223), diakses 7 Juni 2020.

Yulian, D.T., & Anik, L.A.(2018). Pengaruh brand awareness, perceived quality, dan kelompok

acuan terhadap niat beli Honda PCX 150 (Studi pada komunitas sepeda motor matic di

Surabaya pusat). Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3. (Online).

(Https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9209), diakses 7 Juni 2020

Downloads

Published

2021-01-26

Issue

Section

Articles