REVIEW TERHADAP LIMA LITERATUR RENCANA BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2675Abstract
Artikel ini akan mereview lima artikel yang ditulis by Davidson (2015), Delmar (2015), Delmar and Shane (2003), Honing and Karlsson (2004), dan Honig and Samuelsson (2014) menyangkut pendapat yang berbeda mengenai penggunaan rencana bisnis. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah sebuah analisis konten dengan menggunakan metode deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima artikel rencana bisnis yang dibahas memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai penggunaan metodologi. Walaupun ada yang setuju dan tidak setuju terhadap penggunan dokumen rencana bisnis dalam artikel ini, kami menyarankan bahwa sangat penting untuk menunjuk seorang ahli dalam penelitian rencana bisnis untuk mengurangi kemungkinan perdebatan terus-menerus dalam topik rencana bisnis.References
Assael, H., & Keon, J. (1982). Nonsampling vs. sampling errors in survey research. Journal of
Marketing, 46, 114–123.
Bartunek, J. M., Rynes, S. L., & Ireland, R. D. (2006). What makes management research
interesting, and why does it matter? Academy of Management Journal, 49(1), 9–15.
Bygrave, W. D., Lange, J., Mollov, A., Pearlmutter, M., & Singh, S. (2007). Pre-startup formal
business plans and post-startup performance: A study of 116 new ventures. Venture
Capital Journal, 9(4), 1–20.
Chowdhury, L. N., Lamichhane, P., & Rijal, A. (2010). Study on the Relationship between
Business Planning and SMEs or Individual Entrepreneurship.
Davidsson, P. (2004). Researching entrepreneurship. Springer.
Davidsson, P. (2015). Data replication and extension: A commentary. Journal of Business
Venturing Insights, 3, 12–15.
Delmar, Frédéric. (2015). A response to Honig and Samuelsson (2014). Journal of Business
Venturing Insights, 3, 1–4.
Delmar, Frederic, & Shane, S. (2003). Does business planning facilitate the development of
new ventures? Strategic Management Journal, 24(12), 1165–1185.
Evanschitzky, H., Baumgarth, C., Hubbard, R., & Armstrong, J. S. (2007). Replication
research’s disturbing trend. Journal of Business Research, 60(4), 411–415.
Guţă, A. J. (2014). The role and importance of the business plan in starting and running a
business opportunity. Annals of the University of Petroşani. Economics, 14, 119–126.
Honig, B., & Karlsson, T. (2004). Institutional forces and the written business plan. Journal of
Management, 30(1), 29–48.
Honig, B., & Samuelsson, M. (2014). Data replication and extension: A study of business
planning and venture-level performance. Journal of Business Venturing Insights, 1, 18–
Liao, J., & Gartner, W. B. (2006). The effects of pre-venture plan timing and perceived
environmental uncertainty on the persistence of emerging firms. Small Business
Economics, 27(1), 23–40.
Miller, C. (1995). Inâ€depth interviewing by telephone: Some practical considerations.
Evaluation & Research in Education, 9(1), 29–38.
Sturges, J. E., & Hanrahan, K. J. (2004). Comparing telephone and face-to-face qualitative
interviewing: a research note. Qualitative Research, 4(1), 107–118.
Veal, A. J. (2005). Business Research Methods: A Managerial Approach.: Malaysia. Pearson.
Volery, T., & Schaper, M. (2007). Entrepreneurship and small business: a Pacific Rim
perspective. John Wiley & Sons Australia, Ltd.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Penulis memperoleh hak cipta dan mengizinkan pihak jurnal untuk memiliki hak menerbitkan artikel penulis secara bersaman sebagaimana yang diizinkan oleh  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License yang mana mengizinkan pihak lain untuk menyebarkan publikasinya dengan tetap menyebutkan pihak yang menerbitkan artikel tersebut.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk kepentingan distribusi non-esklusif dari versi terbitan jurnal tersebut dengan pengakuan atas pubikasi awalnya dari jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk membagikan artikel mereka via online misalnya pada repositori institusinya atau website milik penulis sebelum dan selama proses pengiriman jurnal hanya ketika tindakan tersebut dapat menyebabkan pertukaran yang produktif juga citation yang lebih besar dari artikel yang dipublikasikan. (See The Effect of Open Access)