ANALISIS TABUNG BULAT DI BAWAH BEBAN IMPAK AKSIAL BERBASIS METODE ELEMEN HINGGA UNTUK STRUKTUR OTOMOTIF

Authors

  • Ilyas Renreng

DOI:

https://doi.org/10.31963/sinergi.v14i1.1155

Abstract

Abstrak: Kemampuan hancur dari tabung bulat berdinding tipis berbahan aluminium dibawah beban impak aksial telah dianalisis dalam penelitian ini. Jenis tabung bulat ini biasanya digunakan pada struktur kereta untuk menyerap tenaga akibat benturan. Untuk memodelkan dan menganalisa sifat crashworthiness digunakan metoda elemen hingga (MEH). Perangkat lunak yang diaplikasikan untuk metode elemen hingga. Parameter crashworthiness yang dievaluasi berupa penyerapan tenaga, penyerapan tenaga tertentu dan efisiensi daya hancur. Hasil numerik ini mengevaluasi tabung berdinding tipis berbahan paduan aluminium (AA6060-T4) dengan variasi variabel bebas yaitu variasi ketebalan dinding tabung, diameter dinding tabung dan kecepatan impak. Temuan utama adalah sifat hancur dari tabung bundar sebagai komponen keselamatan penumpang yang dipasang pada struktur depan untuk mengatasi tabrakan depan kerangka otomotif.

Published

2019-05-26