Prototype Elevator 5 Lantai Berbasis PLC

Ayudila Yudin, Muh. Asnan Habib, Hamdani Hamdani, Wisna Saputri Alfira WS

Abstract


Penelitian ini melibatkan perancangan dan pengujian prototype sistem elevator 5 lantai yang berbasis pada PLC. Dalam tahap perancangan, menggambarkan struktur utama elevator, termasuk kerangka elevator, sangkar elevator dengan sistem pendeteksi beban dan pemberat, serta komponen kunci dalam pintu elevator seperti gear, rel, dan dudukan motor DC. Selain itu, merancang rangkaian kontrol yang kompleks yang melibatkan PLC, tombol push button, sensor proximity, sensor infrared (IR), serta motor AC dan motor DC. Tombol pengendalian dapat memindahkan sangkar naik dan turun sesuai dengan tujuan yang dipilih oleh pengguna, dengan sensor proximity yang secara otomatis menghentikannya di lantai yang dituju. Pintu elevator juga berfungsi dengan baik, membuka secara otomatis ketika mendeteksi keberadaan objek di depannya dan menghentikan motor ketika pintu mencapai limit switch. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan prototype elevator yang mendekati fungsi lift yang digunakan di gedung bertingkat, dengan menggunakan PLC sebagai pengendali utama dan motor oriental 3 phasa sebagai komponen penggerak utama yang handal. serta memasukkan sensor load cell dengan kapasitas 1 kg untuk mengukur beban yang dimasukkan ke dalam lift, serta sistem pintu otomatis untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan alat peraga dan pengujian sistem elevator yang canggih

Keywords


elevator, PLC, Sensor IR, Sensor Proximity, Motor AC, Motor DC.

Full Text:

PDF

References


D. Parimpin, “Pengendalian Lift Barang 4 Lantai Menggunakan PLC Outseal yang Terhubung dengan Android melalui Bluetooth,” 2020.

A. Sudaesi and G. Wahyu Wiriasto, “RANCANG BANGUN SIMULATOR PENGENDALIAN LIFT 6 LANTAI BERBASIS PLC (PLC-Based 6-Floor Elevator Control Simulator),” J. Teknol. Informasi, Komput. dan Apl., vol. 4, no. 1, pp. 97–106, 2022, [Online]. Available: http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/

A. Yudamson, A. Trisanto, and F. X. A. Setyawan, “Rancang Bangun Model Lift Cerdas 3 Lantai Dengan Menggunakan PLC Omron Zen 20C1AR-A-V2,” Electrician, vol. 7, no. 3, pp. 116–124, 2013.

P. Saint Paul, “SISTEM KONTROL KONVEYOR PEMILAH LOGAM MENGGUNAKAN PLC OMRON CP1E METAL SECTOR CONVEYOR CONTROL SYSTEM USING PLC OMRON CP1E,” vol. 6, no. 2, 2020.

Y. Apriani, P. Studi, T. Elektro, F. Teknik, and U. Muhammadiyah, “PENGATURAN KECEPATAN MOTOR AC SEBAGAI AERATOR UNTUK BUDIDAYA TAMBAK UDANG,” vol. 4, no. 1, pp. 209–221, 2019.

R. Chen, W. Zhai, and Y. Qi, “Mechanism and technique of friction control by applying electric voltage. (II) Effects of applied voltage on friction,” Mocaxue Xuebao/Tribology, vol. 16, no. 3, pp. 235–238, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v20i2.4632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayudila Yudin, Muh. Asnan Habib, Hamdani Hamdani, Wisna Saputri Alfira WS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Jurnal Teknologi Elekterika Indexed by:

 g61g61g61g61    g61     

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website