Analisis Susut Energi Listrik Non Teknis Pada Kwh Meter Prabayar Di PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Palopo Kota

Authors

  • Mohammad Wozali
  • Usman Usman
  • Purwito Purwito

DOI:

https://doi.org/10.31963/elekterika.v20i2.4514

Keywords:

Susut, Susut Non Teknis, kWh Meter Prabayar

Abstract

Susut adalah energi listrik yang terbuang dan merupakan bentuk kerugian bagi perusahaan. Susut terbagi menjadi dua jenis, yaitu susut teknis dan susut non teknis. Susut teknis terjadi selama proses distribusi karena berubah menjadi panas dan tidak dapat dihindari. Sedangkan, susut non teknis terjadi karena energi listrik tidak tercatat dalam penjualan dan disebabkan oleh berbagai faktor seperti pemakaian ilegal, kWh meter macet, pembacaan kWh meter tidak akurat, dan penerangan jalan umum illegal, data dari tahun 2022 menunjukkan bahwa ULP Palopo Kota memiliki total susut sebesar 9,12%, yang dianggap kurang baik dan belum mencapai target. Penelitian ini dilakukan untuk menurunkan persentase susut dari sisi non teknis dengan melakukan pemeriksaan kWh meter Prabayar yang mengalami kelainan pengukuran dan membuat Tagihan Susulan (Tagsus) bagi pelanggan yang tidak membeli token dalam waktu lebih dari enam bulan dan juga menormalkan pengukuran kWh meter prabayar dengan cara peremajaan kWh meter tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan kegiatan pemeriksaan kWh meter prabayar dapat menurunkan susut non teknis sebesar 0.77% dari rata-rata susut non teknis pada bulan Juli – Desember 2022 sebesar 1.45% dibandinkan dengan rata-rata susut non teknis pada bulan Januari – Juni 2023 yaitu sebesar 0.68%.

References

Keputusan Direksi PT. PLN (Persero) tentang tentang Pedoman Penyusunan Laporan Neraca Energi (kWh) No. 217-1.K/DIR/2005

Marsudi, Djiteng. 2006. Operasi Sistem Tenaga Listrik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Pahiyanti, N. G. 2019. Penurunan susut jaringan dengan penertiban pemakaian tenaga listrik. SUTET, 9(1), 36-45.

PT. PLN (Persero) UP3 Palopo (2022). Arsip Realisasi Susut dan Dokumentasi Pemeriksaan tahun 2022. PT PLN (Perser) UP3 Palopo.

PT. PLN (Persero) UP3 Palopo (2022). Arsip Realisasi Susut dan Dokumentasi Pemeriksaan tahun 2022. PT PLN (Perser) ULP Palopo Kota.

PT PLN (Persero), Buku 1 Kriteria Disain Enjinering Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik, Jakarta Selatan: PT PLN (Persero), 2010

PT PLN (Persero), SPLN D3.009-1 Meter Statik Energi Aktif Fase Tunggal Prabayar Dengan Sistem Standard Transfer Specification (STS), Jakarta Selatan: PT PLN (Persero), 2010.

PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Alat Pengukuran dan Pembatas (APP), Jakarta Selatan: PT PLN (Persero), 2018.

Sasela, C (2015). Analisis Kualitas Produk Listrik Pintar (Prabayar) Dalam Menghadapi Kepuasan Pelanggan (Keinginan Pelanggan) Di PT.PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Manado [Politeknik Negeri Manado] dalam https://repository.polimdo.ac.id/

Slamet, S. 2017. Sistem Tenaga Listrik.Yogyakarta, PLP3M UMY

Sopyandi, E. 2011. Tipe-tipe Jaringan Distribusi Tegangan Menengah 20 KV.Yogyakarta.Andi

Sudirman, Sudaryatno. 2012. Analisis Sistem Tenaga. Bandung: Darpublic.

Suhadi, dkk. 2008. Teknik Distribusi Tenaga Listrik Jilid 1. Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Sumanto. 1996. Alat Alat Ukur Listrik. Yogyakarta: Andi

Susanto, B., Jumnahdi, M., & Sunanda, W. (2019). Menekan susut energi melalui analisis kewajaran konsumsi energi listrik pelanggan pada pln up3 bangka [Universitas Bangka Belitung], dalam https://journal.ubb.ac.id/

Downloads

Published

2023-11-01

Issue

Section

Cover