Studi Keandalan Sistem Kelistrikan Kapal Menggunakan Metode Fault Tree Analysis
DOI:
https://doi.org/10.31963/elekterika.v5i1.3375Keywords:
Keandalan, Sistem Kelistrikan Kapal, Fault Tree Analysis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen dan peralatan kelistrikan yang rawan terjadi gangguan atau kerusakan serta kemampuan sistem kelistrikan dalam menjalankan fungsinya di kapal. Untuk menjawab perumusan masalah mengenai komponen/peralatan kelistrikan yang rawan terjadi gangguan atau kerusakan serta kemampuan sistem kelistrikan dalam menjalankan fungsinya di kapal yang dalam hal ini sebagai obyek studi yaitu KM. Bukit Siguntang maka digunakan teori keandalan melalui metode FTA (Fault Tree Analysis). Dari hasil analisis data menghasilkan dengan metode FTA didapatkan yaitu komponen {1} Prime Mover, {2} Generator, {3} Instalasi, {4} Pengaman, dimana setiap komponen ini jika terjadi gangguan kerja akan menyebabkan gangguan kerja pada sistem kelistrikan tersebut. Untuk nilai fungsi reliability 0,782 dengan MTTF (Mean Time to Failure) sistem sebesar 1333 jam dengan peluang sistem tersebut menjalankan fungsinya sebesar 78,2 %. Namun untuk menjaga agar reliability tetap tinggi (90,3 %) sebaiknya dilakukan perawatan setiap 550 jam operasiReferences
Marine Engineer, IMarE Edisi XXXVIII. Sistem Kelistrikan pada Propulsi, Juli 2001.
Biro Klasifikasi Indonesia. “Rules For Electrical Installationâ€, Vol IV, BKI, Jakarta, 1996.
Listrik Kapal, Proyek Segitiga Biru UNHAS-ITS-UNPATI, 2003.
Watson, George Oliphant. “Marine Electrical Practiceâ€, Butterworth & Co, London, 1983.
Mohammed M. Islam. Handbook to IEEE Standard 45TM. A Guide to Electrical Installations on Shipboard. The Institute of Electrical and Electronics Engineers, Inc.
All rights reserved. Published August 2004.
Priyanta, Dwi. Keandalan dan Perawatan. Teknik Sistem Perkapalan, ITS, Surabaya 2000.
U.S. Nuclear Regulatory Commission. NUREG - 0492: Fault Tree Handbook. Washington, D.C: U.S. Nuclear Regulatory Commission, 1981.
Anthony, R. The Application of Hazard Identification and Risk Analysis (HIRA) And Fault Tree Analysis (FTA) Methods For Controlling Occupational Accidents in Mixing Division Dewi-Dewi Farm Vol. 3 No. 2. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2015
Richma Yulinda Hanif, dkk. Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT.X dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Jurnal Teknik Industri Itenas (Nomor 03 tahun 2015).
John Ridley. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ikhtisar) edisi ke-3 (Alih bahasa: Soni Astantro, S.Si). Jakarta: Erlangga, 2008.
James Roughton dan Nathan. Job Hazard Analysis A Guide For Volutary Compliance and Beyond. second edition. US: Elsevier, 2016.
Yusuf Wachyudi. Identifikasi Bahaya, Analisis, dan Pengendalian Risiko Dalam Tahap Desain Proses Produksi Minyak & Gas Di Kapal Floating Production Storage & Offloading (FPSO). Untuk Projek Petronas Bukit Tua Tahun 2010. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.
Zulkifli. Studi Evaluasi Sistem Pendingin Air Tawar dan Pemodelan Perawatan Berbasis Keandalan(Reliability), Tesis Program Pascasarjana, ITS, 2001.
Bimo Satriyo, Diana Puspitasari. Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis Untuk Meminimumkan Cacat Pada Crank Bed Di Lini Painting PT. Sarandi Karya Nugraha, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2015.
Ridhati Amalia, Mohammad Arif Rohman, Cahyono Bintang Nurcahyo. Analisa Penyebab Keterlambatan Proyek Pembangunan Sidoarjo Town Square Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jurnal Teknik ITS Vol. 1, No. 1, (Sept. 2012).
Siti Rochmana. Perancangan Profil Risiko Dengan Menggunakan Metode FTA Dan FMEA Pada Proses Produksi Pabrik AMDK K3PG. Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2017.