Rancang Bangun Virtual Reality Psikologi Positif

Authors

  • Erika Rachma Aprilia Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Mardawiah Mabe Parenreng Politeknik Negeri Ujung Pandang

DOI:

https://doi.org/10.31963/elekterika.v3i2.1607

Keywords:

Mahasiswa, Virtual Reality, Psikologi Positif, Unity 3D

Abstract

Mahasiswa perlu memiliki jiwa yang baik untuk menghadapi setiap persoalan sehari-hari. Tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa memiliki banyak beban yang dihadapinya terutama mahasiswa yang berada pada tahun terakhir. Beberapa kasus bunuh diri terjadi akibat mahasiswa yang stress dengan tugas. Aplikasi virtual reality psikologi positif muncul untuk menghadapi persoalan tersebut sebagai media edukasi penerapan psikologi positif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia meliputi tahap studi literatur, perancangan aplikasi, prototipe aplikasi berupa pembuatan objek 3D dan interface aplikasi, dan tahap pengujian. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Unity 3D dan GoogleCarboard sebagai Software Development Kit (SDK). Aplikasi berjalan pada system operasi android dan dihubungkan dengan media berupa VR box serta joystick controller. Adapun hasil pengujian terhadap aplikasi yang telah dibangun menunjukkan bahwa seluruh perancangan aplikasi virtual reality Psikologi Positif telah terpenuhi sesuai dengan indikator pengujian.

Author Biographies

Erika Rachma Aprilia, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Teknik Elektro

Mardawiah Mabe Parenreng, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Teknik Elektro

References

Aulia, Farah. 2015. Aplikasi Positif dalam Konteks Sekolah. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan. Universitas Gadjah Mada.

Hasan, Reski. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Dan Teknik Dasar Bermain Bola Basket Berbasis Android. Tugas akhir Politeknik Negeri Ujung Pandang: tidak terbit

S, Sridevi. 2012. Immersive VR for Pain Distraction Methodologies and Barriers. India. IEEE- Fourth International Conference on Advanced Computing, ICoAC 2012 MIT, Anna University, Chennai. December 13-15, 2012

Srivastava K, Das RC, Chaudhury S. 2014. VR applications in mental health: Challenges and perspectives

Downloads

Published

2019-11-30