Analisis Kompensasi Daya Reaktif Motor Induksi 3 Fasa Saat Beban Puncak Pada PT. Semen Tonasa Unit 4

Yusril Iksan, Bakhtiar Bakhtiar, Ruslan L

Abstract


Analisis kompensasi daya reaktif motor induksi 3 fasa saat beban puncak adalah sebuah penelitian untuk mengetahui; (1) besar kompensasi daya reaktif yang diperlukan untuk memperbaiki faktor daya motor induksi 3 fasa saat beban puncak ; (2) besar pemasangan kapasitor bank untuk mencapai nilai faktor daya perbaikan; dan (3) membandingkan perubahan sebelum dan setelah dilakukannya perbaikan faktor daya menjadi 0,90 yang dilaksanakan di PT. Semen Tonasa Uni 4. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data primer dengan melakukan wawancara dengan pihak-pihak terkait penelitian dan sekunder atau melakukan penelusuran data terkait penelitian, selanjutnya dilakukan analisis data, lalu membuat simulasi untuk membandingkan hasil analisis dan hasil simulasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut ; (1) Besar kompensasi daya reaktif (Qc) diperoleh berdasarkan selisih dari daya reaktif sebelum perbaikan faktor daya (Qb) dengan daya reaktif setelah perbaikan (Qt) ; (2) Besar kapasitor yang digunakan pada kompensasi daya reaktif berdasarkan nilai standar kapasitor yang ada di pasaran. Semakin besar nilai kompensasi daya reaktif yang ditimbulkan maka nilai kapasitor yang dibutuhkan dalam perbaikan faktor daya akan semakin besar ; dan (3) Setelah faktor daya diseragamkan nilai perbaikannya, maka besar arus beban menjadi semakin kecil dan nilai pasokan daya MVA menjadi semakin kecil.


Keywords


daya reaktif, beban puncak, faktor daya, kapasitor bank, simulasi

Full Text:

PDF

References


Al Qahfi, Andi Sultan Alauddin, dan Rizqi Amalia Burhan. 2016. “Studi Pengaruh Kapasitor Shunt terhadap Susut Transmisi Sistem Interkoneksi SULSELRABARâ€. Skripsi. Makassar : Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Edi Sunarwi A. 2018. “Analisis Kompensasi Reaktif Terhadap Motor Induksi 3 phasaâ€. Skripsi. Makassar : Politeknik Negeri Ujung Pandang.

I Nyoman Bagia, dan I Made Parsa. 2018. Motor-Motor Listrik. Kupang : CV. Rasi Terbit

Alvon Satria, dan Edy Ervianto. 2017. Perbaikan Faktor Daya Menggunakan Motor Sinkron Dengan Metode Fuzzy Logic Control. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online) (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFTEKNIK/article/view/14954, diakses 19 Oktober 2018)

Rahardjo, Yadi Yunus. 2010. Perbaikan Faktor Daya Motor Induksi 3 Fase. Seminar Nasional VI SDM Teknologi Nuklir, (Online) (http://papers.sttn-batan.ac.id/prosiding/2010/54.pdf, diakses 20 November 2018)

Sonni, Muhammad Nasir. 2010. Perbandingan Antara Kompensasi Daya Reaktif Terpusat Dengan Kompensasi Daya Reaktif Terdistribusi Bagi Perbaikan Kestabilan Tegangan Pada Sistem Kelistrikan Sumbar – Riau. Jurnal Ilmu Pendidikan,(Online)(http://repo.unand.ac.id/3437/1/48_-_54_NASIR_ SONNI.docx , diakses 21 November 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v3i1.1549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yusril Iksan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Jurnal Teknologi Elekterika Indexed by:

 g61g61g61g61    g61     

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website