Pengaruh Intergreen terhadap Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Prof Moh Yamin – Jl. Abdurrahman Saleh di Kota Palu
Abstract
Permasalahan pada simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman
Saleh terletak pada waktu sinyal Traffic Light, dimana nilai pada waktu sinyal All Red
(semua merah) yaitu 5 detik sehingga nilai Intergreen (waktu antar hijau) menjadi 8
detik melebihi nilai normal pada MKJI 1997, yang mengakibatkan kendaraan
memerlukan waktu lebih lama pada saat melewati simpang tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh intergreen terhadap kinerja simpang bersinyal.
Pelaksanaan pengambilan data volume lalu lintas pada hari Selasa,07 September 2021.
Waktu survei dibagi menjadi 3 jam puncak pagi, siang, dan sore hari pengambilan data
volume lalu lintas menggunakan kamera CCTV. Volume lalu lintas tertinggi pada jam
puncak sore hari (16:00 – 18:00) WITA. Penanganan simpang Jalan Prof. Moh Yamin –
Jalan Dr. Abdurrahman Saleh terdapat empat skenario, skenario satu yang sangat
berpengaruh terhadap kinerja simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman
Saleh. Secara analisis dapat mempengaruhi kinerja simpang khususnya meningkatkan
nilai kapasitas sebesar 9%, mengurangi nilai derajat kejenuhan sebesar 9%, serta
mengurangi nilai tundaan sebesar 22%. Dalam penanganan simpang Jalan Prof. Moh
Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh dilakukan empat skenario penanganan simpang
Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh. Skenario satu yang
memungkinkan untuk di terapkan di lapangan diperoleh waktu sinyal All Red (semua
merah) yaitu 2 detik, nilai Intergreen (waktu antar hijau) yaitu 5 detik, dengan
menyesuaikan waktu sinyal hijau berdasarkan waktu siklus 173 detik. Diperoleh nilai
tundaan pada seluruh lengan simpang yaitu ≥ 60 det/smp dengan tingkat pelayanan
simpang dalam kategori F.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, A.A., (2005), Rekayasa Lalu
Lintas, Universitas
Muhammadiyah Malang; Malang.
Badan Pusat Statistik. 2021. Kota Palu
dalam Angka 2021. Kantor
Badan Pusat Statistik, Sulawesi
Tengah.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997.
Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI). Sweroad and
PT. Bina Karya (Persero). Jakarta.
Google Earth. 2021. Simpang Jalan Prof.
Moh. Yamin – Jalan Dewi Sartika
Jurusan Teknik Sipil. (2019). Pedoman
Penulisan Tugas Akhir. Fakultas
Teknik. Universitas Tadulako
Palu.
Khairuddin M.Y (2014). Studi
Optimalisasi Simpang Empat
Bersinyal Di Simpang Empat Air
Hitam Kota Samarinda. Tugas
Akhir, Universitas 17 Agustus
Samarinda.
Morlok, E. (1991) Pengantar Teknik dan
Perencanaan Transportasi.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
Nayyiron A Marafles (2003). Optimasi
Waktu siklus Simpang Bersinyal
Menurut Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI) 1997. Tugas
Akhir,
Universitas Islam
Indonesia Yogyakarta
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor :
PM 96 Tahun 2015. Manajemen
dan Rekayasa Lalu Lintas di
Jalan. Jakarta : Departemen
Perhubungan Direktorat Jenderal
Perhubungam Darat.
Simbolon A.T (2020). Evaluasi Durasi
Lampu Lalu Lintas Pada
Persimpangan Jalan Ring Road
- Jalan Gatot Subroto Kota
Medan.
Tugas Akhir,
Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara.
Welendo L Syamsul A.S (2017).
Evaluasi Waktu Siklus Pada
Simpang Bersinyal Jalan M.T
Haryono – Laode Hadi –
Brigjen Yoenoes Kota Kendari.
Vol 9 No. 1.
(http://ojs.uho.ac.id/index.php/din
amika/article/download/3222/244
. 30 Juni 2021
DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v2i2.3707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher by:
Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245
Indexed by :