Analisis Dampak Erection Box Girder Proyek Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus Jalan Tol Layang A.P. Pettarani Shoring P71-P72 dan Launching Gantry (LG) P46-P47)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Proyek Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3, Jalan Andi
Pangeran Pettarani, Makassar Sulawesi Selatan. Tujuannya untuk mengetahui kinerja
lalu lintas Jalan A. P. Pettarani akibat erection box girder. Span LG P46-P47 dan Span
Shoring P71-P72.
Berdasarkan analisis hasil perhitungan kecepatan rata-rata kendaraan pada saat
erection box girder pada span P71-P72 adalah 11,21 km/jam, sedangkan kecepatan
rata-rata kendaraan sebelum konstruksi 52,50 km/jam, atau mengalami penurunan
kecepatan sebesar 78,65%. Untuk hasil perhitungan kecepatan rata-rata kendaraan
pada saat erection box girder pada span P46-P47 adalah 27,44 km/jam, sedangkan
kecepatan rata-rata kendaraan sebelum konstruksi 50,56 km/jam, atau mengalami
penurunan kecepatan sebesar 45,73%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Kota Makassar. 2019. Tabel
Dinamis: Jumlah Penduduk (Jiwa) Kota
Makassar.
(Online),
(https://makassarkota.bps.go.id/site/reslutT
ab, diakses 15 April 2020)
Bowersox. 1981. Pengertian Transportasi .
(Online),
(http://dimasmaulanaindologistics.blogspo
t.com/2012/10/pengertiantransportasi.html, diakses 8 Maret 2020).
Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina
Jalan Kota (Binkot). 1997. Manual
Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta
Selatan: Departemen Pekerjaan Umum.
Fathoni, A. S. M. 2005, Perencanaan simpang
stagger bersinyal dengan metode MKJI
,
Universitas Muhammadiyah
Surakarta, Surakarta.
Hilal, Almira, 2017. Analisis Dampak Lalu Lintas
Kawasan Akibat Pembangunan Jalan
Layang (Fly Over) Simpang Surabaya,
Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh:
Fakultas Teknik. Universitas Syiah Kuala.
Hobbs, F.D, 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu
Lintas, Gadjah Mada University Press.
Yogyakarta.
Kurniawan, Arif. 2014. Analisa Dampak Lalu
Lintas Akibat Pembangunan Flyover Pada
Ruas Jalan Sultan Agung – Ryacudu Kota
Bandar Lampung.
Skripsi. Bandar
Lampung: Fakultas Teknik. Unibersitas
Lampung.
Menteri Perhubungan. 2006. Peraturan Menteri
Perhubungan No: 14 Tahun 2006 Tentang
Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Di
Jalan. Jakarta: Menteri Perhubungan.
Murwono, D., 2003. Perencanaan Lingkungan
Transportasi. Bahan Kuliah. Magister
Sistem dan Teknik Transportasi. UGM,
Yogyakarta.
Nurprasetyo, Aldi, 2017. Analisis Dampak Lalu
Lintas Pembangunan Hotel Dan
Apartemen Cityland Semarang Dengan
Pendekatan Four Step Model. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Teknik. Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta.
Oglesby, C.H. dan Hicks, R.G, (1993). Teknik
Jalan Raya, Jilid I, Edisi Keempat.
Penerbit Erlangga, Jakarta Pusat.
Papacostas. 1987. Pengertian Transportasi .
(Online),
(http://dimasmaulanaindologistics.blogspo
t.com/2012/10/pengertiantransportasi.html, diakses 8 Maret 2020).
Prayogi, Hari. 2011. Kemacetan Pada Pusat-Pusat
Keramaian Di Kota Jakarta Pusat. Depok:
Universitas Indonesia.
PT MCI dan PT AMAS Interconsult. 2018.
Dokumen Hasil Analisis Dampak Lalu
Lintas Pembangunan Jalan Tol Layang A.
P.Pettarani. Makassar: PT MCI dan PT
AMAS Interconsult.
Santoso, Idwan, 1997. Manajemen Lalu-Lintas
Perkotaan, Badan Penerbit ITB, Bandung.
Sinulingga, Budi D., 1999. Pembangunan Kota.
Tinjauan Regional dan Lokal, Pustaka
Sinar Harapan, Jakarta.
Soesilowati, Etty, 2008. Dampak Pertumbuhan
Ekonomi Kota Semarang Terhadap
Kemacetan Lalu Lintas di Wilayah
Pinggiran dan Kebijakan yang
Ditempuhnya. JEJAK (Jurnal Ekonomi
dan Kebijakan). 1:12-13
Tamin, Ofyar Z., 2000. Perencanaan dan
Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua,
Badan Penerbit ITB, Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v2i2.3704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher by:
Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245
Indexed by :