ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM SALURAN KABEL UDARA TEGANGAN MENENGAH (SKUTM) DAN SALURAN KABEL TANAH TEGANGAN MENENGAH (SKTM)

Agus Salim, Ahmad Rizal Sultan, Ahsan Akmal

Abstract


Sistem Distribusi merupakan bagian dari sistem tenaga listrik. Sistem distribusi ini berguna untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber daya listrik besar (bulk power source) sampai ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbandingan nilai daya aktif (P), daya reaktif (Q), dan daya semu (S) antara nilai praktik dan nilai teori pada SKUTM dan SKTM serta untuk menentukan besar selisih antara tegangan pengirim dan tegangan penerima pada SKUTM dan SKTM. Penelitian diperoleh dengan pengumpulan data-data yang dibutuhkan kemudian dibuatkan tabel dan grafik menggunakan aplikasi matlab R2013a kemudian menganalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan perhitungan berdasarkan teori. Selain aplikasi matlab R2013a, digunakan juga software ETAP 12.6.0 untuk melakukan simulasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil perbandingan nilai praktik dan teori antara daya aktif (P), daya reaktif (Q), dan daya semu pada SKUTM maupun SKTM tidak jauh berbeda. Selanjutnya hasil perbandingan selisih tegangan pengirim dan tegangan penerima kondisi tanpa kompensasi maupun dengan kompensasi pada kabel udara lebih besar dibandingkan kabel tanah.

Keywords


Saluran Kabel Udara Tegangan Menengah (SKUTM); Saluran Kabel Tanah Tegangan Menengah (SKTM)

Full Text:

PDF

References


Kelompok Kerja Standar Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik dan Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia PLN-Buku 1. (2010). Kriteria Disain Enjinering Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik. Jakarta Selatan: PT. PLN (PERSERO).

Kelompok Kerja Standar Konstruksi Distribusi Jaringan Tenaga Listrik dan Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitaas Indonesia PLN-Buku 5. (2010). Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Menengah Tenaga Listrik. Jakarta Selatan: PT. PLN (PERSERO).

Suswanto, Daman. (2010). Jaringan Distribusi Bawah Tanah. Sistem Distribusi Tenaga Listrik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v13i2.986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agus Salim, Ahmad Rizal Sultan, Ahsan Akmal



Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website