Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sumbu Vertikal

Ahmad Rosyid Idris, Fischer Siampa, Nirwan A. Noor3, Sarma Thaha

Abstract


Salah satu energi terbarukan yang berkembang pesat di dunia saat ini adalah energi angin. Energi angin merupakan energi terbarukan yang sangat fleksibel. Energi angin dapat diambil oleh turbin angin dan dapat dikonversi menjadi energi listrik dengan mengunakan alat pembangkit listrik yang tepat. Wilayah Indonesia memiliki potensi angin yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan energi terbarukan sebagai alternatif pembangkit listrik yang selama ini lebih banyak menggunakan bahan bakar minyak bumi.
Pemanfaatan energi angin dapat dilakukan mulai dari kecepatan angin 1,6 m/s sampai dengan 17,1 m/s untuk menghasilkan energi listrik. Untuk dapat memanfaatkan energi angin dengan baik diperlukan turbin angin yang dapat mengkonversi menjadi energi listrik. pemanfaatan energi angin ini adalah mengubah energi dari angin menjadi energi putar pada kincir angin, lalu kincir angin digunakan untuk memutar generator yang akhirnya akan menghasilkan listrik. Sebenarnya prosesnya tidak semudah itu, karena terdapat berbagai macam sub-sistem (konstruksi/bagian-bagian utama) yang dapat meningkatkan safety dan efesiensi dari turbin angin itu sendiri. Bagian
Perancangan Turbin Angin Sumbu Vertikal (TASV) skala kecil dengan jumlah sudu yang akan digunakan yaitu 3, 4 dan 6 sudu menjadi fokus perancangan Yang dapat diaplikasikan pada kecepatan angin rendah dan arah angin yang berubah-ubah.


Full Text:

PDF

References


Adityo Putranto, A. P. (2011). Rancang Bangun Turbin Angin Vertikal Untuk Penerangan Rumah Tangga. Semarang: Fakultas Teknik Mesin Universitas Diponegoro.

Arifudhin, M. (2010). Model Kincir Angin Poros Vertikal Dengan Empat Sudu Datar Empat Ruang Yang Dapat Membentang dan Mengatup Secara Otomatis. Yogyakrta: Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Sanata Dharma.

Asri, P. (2018). Perancangan Simulasi Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Sebagai Energi Alternatif. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Haryanto, A. (2017). Energi Terbarukan. Yogyakarta: Innosain.

I.B Alit, N. S. (2016). Turbin Angin Poros Vertikal Tipe Savonius Bertingkat Dengan Variasi Posisi Sudu. Mataram: Universitas Mataram.

Ismail, E. P. (2017). Optimasi Perancangan Turbin Angin Vertikal Tipe Darrieus Untuk Penerangan di Jalan Tol. 12.

Junaidin, B. (2017). Perancangan Vertical Axis Wind Turbine (VAWT) Skala Kecil. 10.

Potensi Pengembangan PLTB di Indonesia. (2017, Juli 18). Retrieved from Sekretariat Kabinet Republik Indonesia: https://setkab.go.id/potensi- pengembangan-pltb-di-indonesia/




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v17i1.2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fischer Siampa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website