Deteksi Wajah Menggunakan Metode Haar Cascade Classifier Berbasis Webcam Pada Matlab

Suhepy Abidin

Abstract


Pengenalan citra wajah manusia merupakan salah satu teknologi penting yang terus berkembang pada bidang computer vision dengan penerapannya dalam sistem pengenalan biomatrik, Sistem pencarian, pengindeksan pada database video digital, sistem keamanan kontrol akses area terbatas, konferensi video, interaksi manusia dengan komputer. dan lain sebagainya. Algoritma Haar Cascade Classifier adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk mendeteksi sebuah wajah. Algoritma tersebut mampu mendeteksi dengan cepat dan realtime sebuah benda termasuk wajah manusia. Algoritma Haar Cascade Classifier memiliki kelebihan yaitu perihal komputasi yang cepat karena tersebut hanya bergantung pada jumlah piksel dalam persegi dari sebuah image. Pengenalanan wajah yang diusulkan menggunakan objek wajah yang bervariasi posisinya dari hasil capture pada sebuah webcam yang terkoneksi pada sebuah komputer atau menggunakan webcam bawaan laptop.

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Haar Cascade Classifier kedalam sebuah aplikasi deteksi wajah dengan menggunakan aplikasi MATLAB R2017a. Uji coba dilakukan berbeda-beda dengan masing-masing mendapatkan perlakuan variasi yang sama yaitu : kemiringan sudut posisi citra wajah, jarak wajah terhadap camera webcam dan intensitas cahaya. Dari pengujian yang telah dilakukan didaptkan hasil

 


Keywords


Deteksi Wajah, Haarcascade Classifier, MATLAB.

Full Text:

PDF

References


Aditya Wisnu W I, Anthony F & Andrian S (2009). Analisis dan Perancangan Sistem Identifikasi Berbasis Wajah dengan Menggunakan Pustaka Open CV. Jurusan Teknik Informatika – Universitas Binus.

Dwisnanto Putro M, Bharata Adji T, & Winduratna B (2012). Deteksi Wajah dengan Menggunakan Metode Viola-Jones. Magister Instrumentasi Elektro FT UGM. Seminar Nasional “Science, Engineering and Technology (SciETec).

Eka Puspitasari D, Hidayatno A, & Ajulian Zahra A. Pengenalan Wajah Menggunakan Metode PCA untuk Aplikasi Sistem Keamanan Rumah. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Luthfie Nur S. Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation pada Aplikasi Pengenalan Wajah dengan Jarak yang Berbeda Menggunakan MATLAB 7.0. Jurusan Teknik Informatika, Universitas Gunadarma.

Mahendra Lubis A, Joson J & Zullidar M. Pengembangan Aplikasi Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Local Binary Pattern dengan Variasi Posisi Wajah. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Prasetyo E, & Rahmatun I. Desain Sistem Pengenalan Wajah dengan Variasi Ekspresi dan Posisi Menggunakan Metode Eigenface. Depok: Universitas Gunadarma.

Pratikno H. Sistem Absensi Berbasiskan Pengenalan Wajah Secara Realtime Menggunakan Webcam dengan Metode PCA. Program Studi Sistem Informasi, STIKOM Surabaya.

Purwanto E J. Pengenalan Wajah Melalui Webcam dengan Menggunakan Algoritma PCA dan LDA. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Jurusan Informatika, Universitas Komputer Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v15i1.2102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suhepy Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website