ANALISIS SUSUT DAYA DAN ENERGI PADA JARINGAN DISTRIBUSI DI PT. PLN (Persero) RAYON PANAKKUKANG

REZKY CYNTHIA DEWI SARIKIN

Abstract


Abstract
Analisis Susut Daya dan Energi Pada Jaringan Distribusi di PT. PLN (Persero) Rayon Panakkukang dengan rumusan masalah, berapa besar susut daya dan energy yang hilang pada penghantar jaringan distribusi Penyulang Perumnas di PT. PLN (Persero) Rayon Panakkukang dan berapa besar biaya yang hilang yang ditanggung oleh PLN. Sistem distribusi merupakan bagian dari sistem tenaga listrik, dimana berguna untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber daya listrik besar (Bulk Power Source) sampai ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besar susut daya dan energi yang hilang pada penghantar jaringan distribusi Penyulang Perumnas serta mengetahui perkiraan besar kerugian yang ditanggung oleh PLN pada Penyulang Perumnas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni untuk data primer dengan metode observasi,, metode wawancara, dan untuk data sekunder yakni menggunakan metode literatur. Setelah data-data dikumpulkan maka selanjutnya diolah dengan menganalisis menggunakan persamaan yang ada. Ladasan teori yang digunakan adalah Rugi Daya, teori Perhitungan Rugi-Rugi Daya (Losses) dan Rugi Energi serta Perkiraan Kerugian Dana.
Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan pada 30 unit transformator distribusi pada Penyulang Perumnas dapat disimpulkan bahwa terjadi Penyusutan Daya sebesar 4,806.70 kW dan Rugi Energi sebesar 720,974,174.6 Wh yang disebabkan oleh besarnya arus yang diterima transformator pada ssaat beroperasi. Dengan penggantian kapasitor transformator yang sesuai dengan standar yang berlaku akan meminimalisir terjadinya hal tersebut
Keywords: Susut Daya, Susut Energi, Kerugian Akibat Susut Daya, Penyulang Transformator Distribusi.


Keywords


SUSUT DAYA DAN ENERGI

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v16i2.1575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 REZKY CYNTHIA DEWI SARIKIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website