Rancang Bangun Media Promosi Villa Berbasis Virtual Reality (Studi Kasus: Villa Ekowisata Butta Gowa Resort)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurwahyuni Nurwahyuni
Muhammad Ahyar
Muhammad Ilyas Syarif

Abstract

Teknologi Virtual Reality (VR) memungkinkan pengguna untuk merasakan keberadaan di dunia maya dalam bentuk visual dan berinteraksi dengan lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer. Teknologi ini memiliki beragam potensi aplikasi, salah satunya adalah sebagai media promosi. Dalam konteks ini, penulis menciptakan sebuah media promosi yang menghadirkan Vila Ekowisata Butta Gowa Resort dalam bentuk Virtual Reality Tour 3D berbasis web. Virtual Tour ini akan memperlihatkan objek 3D bangunan vila yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan melihat vila dari berbagai sudut pandang tanpa harus melakukan kunjungan fisik ke lokasi sebelum melakukan reservasi. Untuk menciptakan objek Virtual Tour 3D, penulis menggunakan perangkat lunak Unity 3D dan Blender. Selain menampilkan objek Virtual Tour 3D, website ini juga akan menyediakan beberapa fitur penting, seperti informasi tentang vila, peta lokasi, dan kemudahan reservasi yang terhubung dengan layanan Whatsapp, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan reservasi. Lebih lanjut, penulis memastikan bahwa website ini dapat diakses melalui komputer maupun perangkat smartphone untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna. Untuk memastikan kualitas dan fungsionalitas website, penulis akan melakukan sejumlah pengujian, termasuk pengujian black box, uji kompatibilitas dengan berbagai web browser, dan penilaian melalui kuesioner yang akan melibatkan pengguna potensial.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. T. F. Prasetyo, A. Bastian, and H. Sujadi, “Aplikasi Virtual Reality Sebagai Media Informasi Kampus Utama Universitas Pgri Semarang Berbasis Android,†JIPETIKJurnal Ilm. Penelit. Teknol. Inf. Komput., vol. 1, no. 2, pp. 30–41, 2020, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/jipetik/article/vi ew/IKA
  2. A. Osman, N. Wahab, and M. Ismail, “Development and Evaluation of an Interactive 360 Virtual Tour for Tourist Destinations,†J. Inf. Technol. Impact, vol. 9, no. 3, pp. 173–182, 2009, [Online]. Available: http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Sea rch&q=intitle:Development+and+Evaluation+of+an +Interactive+360+°+Virtual+Tour+for+Tourist+Des tinations#0
  3. A. H. Wijaya and S. Atin, “PEMBANGUNAN APLIKASI VIRTUAL TOUR DAN RESERVASI PADA AVIA RESIDENCE Teknik Informatika- Universitas Komputer Indonesia,†2019.
  4. D. G. Thomas, S. R. U. A. Sompie, and B. A. Sugiarso, “Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan Di Kepulauan Bunaken,†J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 14–22, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20188.
  5. N. M. Pratiwi, M. I. Syarif, and Syahrir, “Rancang Bangun Virtual Reality untuk Media Pemasaran Perumahan ( Studi Kasus : Perumahan PT . Butta Gowa Propertindo ),†Semin. Nas. Tek. Elektro dan Inform., pp. 123–127, 2020.
  6. A. Yuliana and E. R. Amrin, “3D VIRTUAL TOUR 360 o SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERUMAHAN ( STUDI KASUS FIRDAUS GARDEN ),†Tedc, vol. 12, no. 1, pp. 1–9, 2018.
  7. M. B. Lubis, “Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Produk Mobil Bekas Berbasis Android Menggunakan Metode Marker Based Tracking ( Studi Kasus : Carro Indonesia ) Designing of Android-Based Augmented Reality As a Promotion Media for Product Used Car Using,†2021.
  8. A. Panca, “Update Pengertian Villa dan Perbedaannya dengan Hotel,†Penginapan.net, 2022. https://penginapan.net/pengertian-dan- definisi-villa/ (accessed Jan. 28, 2023).