E-Learning Berbasis Android Untuk Sekolah Menengah Kejuruan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

LPPM IBN Lampung
Naila Maghfiroh
Rita Irviani
Aprianto Aprianto
Rinnanik Rinnanik
Sri Ipnuwati
Novi Ayu Kristiana Dewi
Suyono Suyono

Abstract

Perkembangan teknologi dapat dirasakan pada berbagai bidang, khususnya pada bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran jarak jauh. SMK Bahrul Maghfiroh, merupakan sekolah menengah pertama swasta yang terletak di desa Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung.Tujuan penelitian ini adalah Membangun sistem informasi berbasis aplikasi android pada SMK Bahrul Maghfiroh, dan Menerapkan Sistem baru untuk berbasis android pada SMK Bahrul Maghfiroh.Dalam membangun aplikasi E-Learning tentunya dibutuhkan keahlian khusus programing sebagai pembuat aplikasi serta peran guru dan murid sebagai penggunanya dalam mewujudkan penerapan e-learning secara optimal.Aplikasi yang dibuat terbukti mudah digunakan oleh siswa dan guru, dengan begitu aplikasi ini cukup menyelesaikan masalah yang ada dimana pada saat ini sistem belajar online banyak diterapkan. Dengan adanya aplikasi E-Learning SMK Bahrul Maghfiroh menambah wawasan siswa dn guru bahwasanya sistem informasi dapat diterapkan pada sekolah khusunya belajar online (E-Learning)

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Arifianto, Teguh. (2016). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih kerendengan LWUIT. Andi : Yogyakarta.
  2. A. Sinnun, (2017) “Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI,†J. Inform., 2017.
  3. A. Suhendra and D. Prasetyanto, (2016) “Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis,†J. Online Inst. Teknol. Nas.
  4. Bagus Tri, Mahardika (2020) Perancangan Sistem Informasi Management Siswa Berprestasi Berbasis Android Pada Smk Pgri Rawalumbu. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, X (2). pp. 30-39. ISSN 2088-060X.
  5. Baihaqi. M. A. (2020) Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Prakerin Berbasis Android Di Jurusan Elektronika Industri Smkn 1 Cikande Jurnal Edukasi Elektro (Uny.Ac.Id): Vol 4, No 1 (2020).
  6. Budi Sutedjo Dharma Oetomo. (2016). Perencanaan & Pembangunan Sitem Informasi. Andi. Jogyakarta.
  7. Bunafit Nugroho (2018). Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan Mysql. Yogyakarta : Gava Media.
  8. Dewi Ratna Sari and F. Amrozi, (2020) “Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Politeknik Penerbangan Surabaya (Studi Kasus Saat Terjadi Wabah Covid-19),†J. Penelit. Politek. Penerbangan Surabaya, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.
  9. Dr. Ir. Eko Nugroho, M.Si, (2018). Sistem Informasi Manajemen , Andi, Yogyakarta.
  10. Ilmi, M. (2021). Evaluation Of E-Learning Implementation In Class Xi Permata Harapan Vocational High School. JURSIMA 9(1), 121-127. https://doi.org/10.47024/js.v9i1.300.
  11. Jogiyanto, H. M, (2016), Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi.
  12. Jogiyanto HM. (2016). Sistem Teknologi Informasi, Andi, Yogyakarta.
  13. Jogiyanto HM. (2016). Analisi & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi, Yogyakarta.
  14. J, Muhammad; Umar, Rusydi; Yudhana, Anton. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penerimaan Sistem E-Learning Di SMK Negeri 4 Kota Sorong. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 12-21, june 2021. ISSN 2527-9777.
  15. Murtiwiyati, Glenn Lauren. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Bebasis Android. ISSN: 1412-9434. Depok: Jurnal Ilmiah Komputasi Vol. 12, No. 2 Desember 2013:1.
  16. Notoatmodjo, Soekidjo. (2018) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. h. 3
  17. N. Nirfayanti and N. Nurbaeti, (2019) “Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,†Proximal, vol. 2, no. 1, pp. 50–59, 2019, [Online].
  18. Purnawan, P., & Hidayati, D. (2021). Pelatihan dan Penerapan E-Learning dan M-Learning di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman. Surya Abdimas, 5(1), 41-46. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.866
  19. Syafitri. Y. (2021). Penerapan E-Learning Pada Smkn 1 Bandar Lampung Berbasis Web. Aisyah Journal Of Informatics and Electrical Engineering: Vol 3 No 2 (2021). https://doi.org/10.30604/jti.v3i2.90
  20. Safaat, Nazruddin. (2017). Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung.
  21. Sutabri, Tata. (2016). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  22. Sugiyono, (2016) “Memahami Penelitian Kualitatif,†Bandung: Alfabeta.
  23. Sutarman. (2017). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
  24. Stephanus Hermawan Susanto. (2016), Mudah Membuat Aplikasi Android., C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.
  25. & G. N. P. Santosa Wijayanto, (2020) “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajarandi SMK Negeri 2 Tangerang Selatan.,†J. Ilmu Komput. (JIK)., vol. 3, no. 3, pp. 23–27, 2020