Rancang Bangun Sistem Informasi Penghitung Jumlah Orang Pada Ruangan Tertutup Berbasis Internet Of Things (IoT)

Irham Ramadana Putra, Alamsyah Alamsyah, Mery S, Ardi Amir, Tan Suryani S

Abstract


Berbagai sistem informasi otomatis saat ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk dipasang pada gedung ataupun ruangan guna mendukung program pencegahan penularan virus COVID 19 yang mulai menyebar hampir diseluruh negara. Pada penelitian ini Rancang Bangun Sistem Penghitung Jumlah Orang Pada Ruangan Tertutup Berbasis IoT (Internet of Things) merupakan sistem penghitung jumlah orang yang menggunakan sensor infrared proximity dan LCD. Data dari sensor akan diolah oleh ESP32-CAM jika orang melewati sensor infrared proximity dan data akan dikirim kedatabse kemudian akan ditampilkan pada LCD dan Web. Alat ini dibuat dengan ESP32-CAM, ESP32-CAM dan diintegrasikan menggunakan sensor infrared proximity sebagai alat penghitung objek yang lewat kemudian data diolah pada ESP32-CAM untuk dirubah menjadi angka ke database.Sensor menghasilkan data berupa angka jumlah objek yang dikonversikan pada ESP32-CAM kemudian dikirim ke database setelah itu menghasilkan data yang akan ditampilkan pada LCD dan Web berupa jumlah orang masuk, keluar, dan jumlah saat itu yang juga ditampilkan via livestream kondisi ruangan secara langsung

Keywords


Information System, ESP32-CAM, Infrared Proximity, Internet of Things (IoT)

Full Text:

PDF

References


Angga Aditia. 2020. Rancang Bangun Sistem Penghitung Jumlah Orang Atau Pengunjung Berbasis Arduino “Uno†Menggunakan Sensor PIR (Passive Infrared Receiver) dan Ssensor Ultra Sonic, Palangkaraya.

Dhanar Intan Surya Saputra. 2015. Rancang Bangun Alat Penghitung Jumlah Pengunjung di Toko Adhelina Berbasis Mikrokontroler Atmega 16, Purwokerto.

Faisal, M Reza. 2017. Seri Belajar ASP.NET: ASP.NET Core MVC & MySQL dengan Visual Studio Code. Banjarmasin.

Hidayat, Rahmat. 2016. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Penerbit: Elex Media Komputindo, Jakarta.

Marisa, Fitri. 2017. Web Programming (Client Side and Server Side). Penerbit: Deepublish, Yogyakarta.

Nirwan Sinuhaji, 2018, Perancangan Sistem Penghitung Jumlah Orang Melewati Pintu Ruangan Perpustakaan dan Peringatan Tingkat Kebisingan Menggunakan Quick Responsecode Berbasis Android, Medan.

Raden Galih Paramananda, Dkk (2018), Rancang Bangun Sistem Penghitung Jumlah Orang Melewati Pintu Menggunakan Sensor Infrared dan Klasifikasi Bayes, Malang.

Rivaldi Azhari, 2021. Rancang Bangun Penghitung Kapasitas Orang Dalam Gedung Berbasis ATmega 328P, Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI