Analisis Peningkatan Pelayanan Suplai Rumah Sakit Hermina Makassar dengan Dua Penyulang Incoming

Ahmad Muzammil, Bakhtiar Bakhtiar, Sarma Thaha

Abstract


Kendalan dari sistem kelistrikan Rumah Sakit Hermina Makassar yaitu masih menggunakan cubicle single incoming dimana hanya disuplai dengan satu penyulang yaitu Penyulang Toddopuli tetapi dalam perencanaannya akan menggunakan cubicle double incoming dengan suplai dua penyulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kondisi suplai sistem existing rumah sakit Hermina, membandingkan indeks keandalan SAIDI dan SAIFI, drop voltage, load factor, potensi gangguan pada penyulang Toddopuli dan Paropo serta menganalisa sistem Automatic Changeover pada gardu RS.Hermina. Data yang digunakan adalah data jumlah pelanggan, data saluran, data gangguan dan data beban puncak kedua penyulang. Hasil penelitian berupa load factor Penyulang Toddopuli sebesar 0,81 sedangkan Penyulang Paropo sebesar 0,76 dengan drop voltage masing-masing sebesar 0,625% dan 0,795 %. Kondisi jalur Penyulang Toddopuli memiliki 7 titik potensi gangguan sedangkan Penyulang Paropo memiliki 17 titik potensi gangguan dengan Nilai SAIDI dan SAIFI pada Penyulang Toddopuli sebesar 2,5 jam/pelanggan/tahun dan 20,424 kali/pelanggan/tahun sedangkan pada Penyulang Paropo sebesar 4,852 jam/pelanggan/tahun dan 22,040 kali/pelanggan/tahun. Berdasarkan indikator yang telah dianalisis, Penyulang Toddopuli masih unggul dibandingkan dengan Penyulang Paropo sehingga Penyulang ini masih dapat menjadi suplai utama pada Rumah Sakit Hermina dan Penyulang Paropo sebagai suplai cadangan jika terjadi gangguan pada penyulang Toddopuli.

Keywords


SAIDI, SAIFI, Load factor, Drop voltage, ACO

Full Text:

PDF

References


Muklis, Abdul Halim, Agung Panji Sasmito, and Renaldi Primaswara. 2022. "Rancang Bangun Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berbasis IOT." Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika 285-293.

Suripto, Slamet. 2017. Sistem Tenaga Listrik. Yogyakarta: LP3M UMY.

Suprianto. 2018. Analisa Tegangan Jatuh pada Jaringan Distribusi 20 kV PT.PLN Area Rantau Prapat Rayon Aek Kota Batu. Electrical Technology 64-27.

Tapajyoti. 2009. Electrical and Production Load factors. Texas: Texas A&M University.

Sulasno. 2001. Teknik dan sistem distribusi tenaga listrik. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Pulungan, Ali Basrah, Sukardi, and Dahlan Prinando Tambun. 2012. Keandalan Jaringan Tegangan Menengah 20 KV Di Wilayah Area Pelayanan Jaringan (APJ) Padang PT.PLN(Persero) Cabang Padang. Jurnal Nasional Teknik Elektro 58-61.

Sugianto, Asri Dewi Mustikasari. 2019. Pemasangan Automatic Change Over (ACO) Untuk Meningkatkan Keandalan Pada Pelanggan Premium. Ilmu Teknik dan Komputer 58-59.

PLN ULP Panakukang, “Laporan Sistem Kelistrikan Kota Makassar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI