Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Nurul Puteri
Fadli Tamrin
Khaidir Rahman Nasir
Defi Widya Anggraeni
Muhammad Arafah

Abstract

Lembaga Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) Universitas Muhammadiyah Bulukumba sebagai penanggung jawab dalam memberikan informasi mendapat banyak pertanyaan berulang terkait informasi biaya pendaftaran, jurusan yang ada, dan hal yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru lainnya dari calon mahasiswa baru. Namun, keterbatasan jam kerja petugas membuat informasi yang dibutuhkan calon mahasiwa baru tidak bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Layanan chatbot mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user dengan mengolah data teks yang dimasukkan oleh user. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi chatbot untuk layanan informasi penerimaan calon mahasiswa baru. Aplikasi ini untuk mengatasi keterbatasan jam kerja dalam merespon pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon mahasiswa baru sehingga informasi yang dibutuhkan dapat dengan mudah diakses. Pengujian dilakukan oelh responden dengan menguji fungsionalitas fitur yang tersedia pada aplikasi chatbot. Hasil pengujian adalah 95% fitur yang ada pada halaman admin dan 97% fitur yang ada pada halaman user berfungsi dengan baik. Aplikasi ini dapat memudahkan calon mahasiwa baru dalam mencari infromasi tentang kampus Universitas Muhammadiyah Bulukumba tanpa dibatasi oleh jam kerja.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Annisa Nurul Puteri, Universitas Teknologi Akba Makassar

Sistem Informasi

Fadli Tamrin, Universitas Teknologi Akba Makassar

Teknik Informatika

Khaidir Rahman Nasir, Universitas Teknologi Akba Makassar

Teknik Informatika

Defi Widya Anggraeni, STMIK AKBA

Teknik Informatika

Muhammad Arafah, Universitas Teknologi Akba Makassar

Teknik Informatika

References

  1. K. U. S. Bin Lukman, Y. Yuliska, and N. F. Najwa, “Chatbot Sebagai Wadah Informasi Perkembangan Covid-19 di Kota Pekanbaru Menggunakan Platform Whatsapp,†IT J. Res. Dev., vol. 5, no. 2, pp. 234–245, 2021, doi: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5842.
  2. P. Soepomo, “Penerapan Text Mining Pada Sistem Klasifikasi Email Spam Menggunakan Naive Bayes,†Penerapan Text Min. Pada Sist. Klasifikasi Email Spam Menggunakan Naive Bayes, vol. 2, no. 3, pp. 73–83, 2014.
  3. V. R. Prasetyo, N. Benarkah, and V. J. Chrisintha, “Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya,†Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 114–121, 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.370.
  4. A. Apriani, H. Zakiyudin, and K. Marzuki, “Penerapan Algoritma Cosine Similarity dan Pembobotan TF-IDF System Penerimaan Mahasiswa Baru pada Kampus Swasta,†J. Bumigora Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 19–27, 2021, doi: 10.30812/bite.v3i1.1110.
  5. B. Rusmarasy, B. Priyambadha, and F. Pradana, “Pengembangan Chat Bot pada CoMa untuk Memberikan Motivasi Kepada Pengguna Menggunakan AIML,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 4484–4490, 2019.
  6. R. V. Imbar, Adelia, M. Ayub, and A. Rehatta, “Implementasi Cosine Similarity dan Algoritma Smith-Waterman untuk Mendeteksi Kemiripan Teks,†vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2016.
  7. M. Konchady, Text Mining Application Programming. Boston, Massachusetts: Charles River Media, 2006.
  8. M. Larrea, “Black-Box Testing Technique for Information Visualization. Sequencing Constraints with Low-Level Interactions,†J. Comput. Sci. Technol. (La Plata), vol. 17, no. 1, pp. 37–48, 2017.