Rancang Bangun Modul Unipolar 60 Degrees-Pulse Witdh Modulation Fasa Tunggal

Rifa Muhammad Fahrizal, Dwi Septiyanto, Nanang Mulyono

Abstract


Perkembangan zaman saat ini membentuk masyarakat ketergantungan oleh alat yang bekerja secara otomatis serta efisien. Perkembangan sistem tenaga energi listrik saat ini dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Inverter merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengubah arus listrik searah menjadi bolak balik. Untuk mengoprasikan inverter terdapat beberapa cara salah satunya menggunakan Pulse Width Modulation (PWM). Metode ini untuk control inverter yang diaplikasikan pada rangkaian daya elektronika. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk menghasilkan modul inverter dengan Teknik Unipolar dengan metode 60 Degrees-Pulse Witdh Modulation 1 Fasa. Cara untuk menghasilkan sinyal Discontinue ini yaitu dibuat dari sinyal carrier sinusoidal dan sinyal segitiga yang dipotong pada sudut 60º sampai 120º. Sinyal carrier sinusoidal diatur oleh amplitudo dengan tegangan diatas 4-6 Vpp dengan frekuensi 50 Hz dan sinyal carrier segitiga diatur frekuensinya sebesar 400-500 Hz. Hasil sinyal dari modul 60 Degrees-Pulse Witdh Modulation memiliki tegangan output sebesar 7,84 Volt dan frekuensi 222,6 Hz.

Keywords


Pulse Width Modulation; 60 Degrees; Inverter; Satu Fasa

Full Text:

PDF

References


S. Natanael, Nanang Mulyono, and Dwi Septianto. "Rancang Bangun Modul Discontinue Pulse Width Modulation (DPWM) Tiga Fasa." SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan). Vol. 3. 2021.

L. Chaturvedi, D. K. Yadav, and G. Pancholi, “Comparison of SPWM,THIPWM and PDPWM technique based voltage source inverters for application in renewable energy,†Journal of Green Engineering, vol. 7, no. 1–2, pp. 83–98, Jan. 2017, doi: 10.13052/jge1904-4720.7125.

Y. A. Sinaga, A. S. Samosir, and A. Haris, “Rancang Bangun Inverter 1 Fasa dengan Kontrol Pembangkit Pulse Width Modulation ( PWM ),†Electrician, vol. 11, no. 2, pp. 81–90, 2017.

B. Tauhid “Perancangan Inverter Satu Fasa PWM Dengan Teknik Eliminasi Harmonisaâ€,P. S T. Elektro, U. T. Pontianak. 2017.

H. Hamdani, Z. Tharo, S. Anisah and S. A. Lubis “Rancang Bangun Inverter Gelombang Sinus Termodifikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Rumah Tinggalâ€, F. Sains and Teknologi, U. P. Panca budi, 2020.

I. F. Muhamad, D. Septiyanto, and N. Mulyono, “Rancang Bangun Modul Trapesium Pulse Width Modulation (TPWM),†Pros. SEMNASTERA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Makassar
Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : +62 858 6005 0332 (Sandryones)
 
e-ISSN 2986-2345
 
Statistik Visitor SNTEI