Aplikasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Seamless Learning
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perkembangan teknologi mengubah pola hidup yang dapat menimbulkan dampak positif & negatif baik secara individu maupun kelompok. Siswa sebagai pusat belajar (student centered) merupakan harapan dan tujuan dari pembelajaran abad 21, serta sebagai solusi menghadapi revolusi industry 4.0. Namun metode belajar yang diterapkan sampai saat ini masih menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk membangun Aplikasi Pembelajaran Sejarah yang bertujuan untuk memudahkan pengguna mendapatkan pembelajaran kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan konsep  seamless learning. Seamless Learning merupakan metode pembelajaran yang mendukung pembelajar untuk belajar ketika mereka ingin belajar, dan mereka dapat berpindah dari satu skenario ke skenario yang lain dengan cepat dan mudah tanpa batas waktu dan ruang. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian menggunakan metode blackbox testing, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Seamless Learning berjalan sesuai fungsi dari setiap fitur berdasarkan kondisi masukan pada saat pengujian aplikasi dengan total 30 responden, 14 pernyataan/pertanyaan dan 5 kuis serta sampai pada tahap analisis data hasil pengujian aplikasi menggunakan analisis skala likert dan didapatkan hasil yang sangat baik pada interval 75% - 100% yang menyatakan bahwa aplikasi ini bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Wikipedia. (2020). Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi.
- Dhanta, Rizky. (2009) Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: INDAH.
- Shelly, Cashman, Verman. (2009). Discovering Computers. Jakarta: Salemba Empat
- Dzulkarnaen, Rizal, and Ridha Kurniawan. (2019) "Jurnal Aplikasi Pengelolaan Data Pasien Di Apotek Berbasis Android." Buffer Informatika 5.2.
- Android, Developer. (2015). Mengenal Android Studio. Diakses dari https://developer.android.com/studio/intro?hl=id.
- Rizki, Sari. (2020). nesabemedia. Diakses dari https://www.nesabamedia.com/pengertian-java/.
- Wong, Lung-Hsiang & Chai, Ching & Aw, Guat. (2017). Seamless Language Learning: Second Language Learning with Social Media. Comunicar. 25. 10.3916/C50-2017-01
- Pelczar, j. Michael Dan E.C.S Chan (2006). Dasar-dasar Mikrobiologi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI_Press)
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung