Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran untuk Pengenalan Komponen Total Station
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Banyak metode pembelajaran menarik yang bisa didapatkan dari perkembangan teknologi komputer. Penggunaan media pembelajaran dengan komputer dimungkinkan terselenggaranya proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan minat belajar seperti pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran. Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan suatu objek 3D ke dalam lingkungan nyata menggunakan media webcam atau kamera ponsel android.Total Station merupakan teodolit elektronik yang digabung atau dikombinasikan dengan alat Pengukuran Jarak Elektronik (PJE) dan pencatat data kolektor elektronik menjadi Alat Takheometer Elektronik (ATE). Harga dari alat Total Station ini cukup mahal berkisar dari 30 juta hingga 80 juta, harga yang bervariasi tergantung jenis-jenis dari Total Station tersebut. Harga yang cukup mahal yang menjadi kendala bagi mahasiswa untuk mempelajari Total Station tersebut, karena harganya yang cukup mahal maka tidak semua mahasiswa dapat memiliki alat itu dan alat tersebut hanya disediakan di Kampus.Augmented Reality mampu memberikan pengalaman dan pemahaman yang mendalam dengan lebih interaktif dan menarik dalam pembelajaran komponen alat Total Station . Aplikasi Augmented Reality ini hanya membutuhkan Smartphone dalam implementasinya sehingga pengguna dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Kusniyati, H. dkk, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pengenalan Hardware Komputer Pada Sekolah Dasar Berbasis Androidâ€, Jurnal PETIR Vol, 10(1), 2017.
- Putri, A. D. S., & Kustini, I, “Penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Total Station Pada Mata Kuliah Pengukuran Sipat Datar Dan Praktikum Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabayaâ€, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2018.
- Nugroho, R. A., “Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah Dan Praktek Kajian Mengoperasikan Total Station Topcon Gts 235n Seriesâ€, Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2016.
- Artra, Wahyudi. “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blenderâ€. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume, 2012, 17.2: 107-117.
- Azuma, Ronald T, “A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments†6, 1997.
- Andrade, A, Robotic Arm Control With Blender. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences, 2013, 4(4) 382-386.
- Jazilah, N, “Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Untuk Anak†Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016.
- Mahendra, I. B. M, “Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdkâ€, Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 2016.
- Mauludin, R. dkk, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi, Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 2017, https://doi. org/10.26418/jp. v3i2, 22676.
- Moleong, L, “Implementasi Cluster Computing Untuk Render Animasiâ€, EJurnal Tenik Elektro dan Komputer Universitas Sam Ratulangi Manado, 2013.