Implementasi Articulate Storyline dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital pada STMIK Profesional Makassar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Satriawaty Mallu
Samsuriah Samsuriah

Abstract

Masa Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama beberapa bulan tetapi pembelajaran tetap berlangsung meskipun secara Daring atau On line. Pembelajaran secara On line kadang membuat mahasiswa merasa jenuh dengan model pembelajaran yang monoton, terkadang mereka hanya sekedar hadir saja dan menunggu selesainya jam pembelajaran. Menyiasati keadaan tersebut maka penulis mengimplementasikan Articulate Storyline dalam pembuatan bahan ajar digital pada STMIK Profesional Makassar, membuat bahan ajar digital untuk menarik minat dan interaksi  mahasiswa supaya lebih interaktif dalam pembelajaran. Memudahkan pengguna untuk publish secara online maupun offline sehingga dapat diformat dalam bentuk CD, word processing, laman personal dan LMS. Penelitian ini menggunakan metode RnD(Research and Design), melakukan penelitian kemudian membuat  Desain berupa Struktur Desain Antar Menu yang terdiri dari Scene Opening, Scene Pendahuluan, Menu Utama, Scene Isi, Scene Quis dan Penutup. Hasil akhir dari penelitian menghasilkan framework Articulate Storyline untuk mata kuliah yang diajarkan pada STMIK Profesional Makassar yang sangat mendukung di era pandemi saat ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Satriawaty Mallu, STMIK Profesional Makassar

Teknik Komputer

Samsuriah Samsuriah, STMIK Profesional Makassar

Manajemen Informatika

References

  1. Ghozali, F. A., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio ’ 13 Kompetensi Dasar Arsitektur Dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok Plc Di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Elektro, 05(01), 223–228.
  2. Ratiyani dkk, “Pengembangan Bahan Ajar Digital dan aplikasinya dalam model siklus pembelajaran 5E(Learning Cycle 5E) trhadap aktifitas dan hasil belajar(Siswa Kelas VII di SMP 10 Probolinggo 2012/2013â€,Jurnal.Unej.ac.id., 725-1-1380-10-20140903.
  3. Pratama RA, “Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafikâ€, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika(JP2M),1(1),11-23.
  4. Yahya Riski dkk“Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini-projectâ€.
  5. Setyaningsih dkk, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesiaâ€, DIDAKTIS Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.
  6. Purnama, S., & Asto B, I. (2014b). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.
  7. Purnomo, E. A., & Rohman, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning ( PBL ) Berbasis Maple Matakuliah Kalkulus Lanjut II The 2nd University Research Coloquium 2015 ISSN 2407-9189. The 2nd University Research Coloqium 2015, 164–172.
  8. Sanjaya. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
  9. Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto Siti Yumini Lusia Rakhmawati. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.