Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Paylater dengan Model UTAUT2

Main Article Content

Nuraeni Hadiati Farhani
Annisa Alifa Ramadhani
Dini Ayuning Ratri Sukimin
A Nursyamsi Amin

Abstract

Kemajuan dunia teknologi telah memberikan dampak positif di berbagai aspek kehidupan. Keberadaan e-commerce dapat mengakomodir berbagai kebutuhan tersebut, salah satunya adalah berbelanja dengan ketersediaan produk yang lebih beragam dalam satu tempat. Mahasiswa merupakan salah satu kalangan yang termasuk dalam generasi Z yang sudah memiliki akses untuk menjadi pengguna paylater. Sebagai calon pengguna paylater, mahasiswa dapat menjangkau layanan tersebut dengan mudah dan praktis. Keadaan tersebut berimplikasi pada keberadaan mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetapi sudah memiliki kebutuhan tambahan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  minat penggunaan fitur paylater pada mahasiswa di Politeknik Negeri Jakarta dengan mengadopsi model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan skala likert dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Ekspektasi usaha, Ekspektasi kinerja, Pengaruh sosial, Fasilitas pendukung, Nilai harga, Motiviasi hedonis, dan Kebiasaan secara parsial berpengaruh posiif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan paylater oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.

Article Details

Section
Articles

References

Awdes, A.C., Surya, F., Zahara. [2022] Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Penggunaan Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee (SPaylater) Dengan Model UTAUT2. Accounting Information System, Taxes, and Auditing. 1(2),104-111.

Cahyani, N. P. D., & Dewi, L. G. K. 2021. Analisis Adopsi Uang Elektronik dengan Model UTAUT2. E-Jurnal Akuntansi, 32(1), 183–197.

Desvira, N.S., Aransyah, F.M. 2023. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat dan Perilaku Penggunaan Fitur ShopeePay Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Jurnal SISFOKOM, 12 (2), 178-191.

Firmansyah, Wihardiyan. 2023. Mengatasi Perilaku Konsumtif pada Remaja. Diunduh pada tanggal 10 Juni 2023, https://www.umm.ac.id/

Hafifah, L.L., Utami, W.N., Putri I.A.P. 2022. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intention dan User Behavior pada Finteh Shopeepay Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Akuntansi Bisnis, 15 (2), 102-117.

Hulukati & Djibran, 2018. Â Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, Â 2(1):73.

Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2023: Pemulihan Ekonomi dan Tren Belanja Pasca Pandemi. 2023. Diunduh pada tanggal 1 Juli 2023, https://kredivocorp.com/

Mardiansyah, Diki. 2023. Pengguna Paylater Didominasi Gen Z Bagaimana Kemampuan Bayarnya? Diunduh pada tanggal 1 Juni 2023, https://keuangan.kontan.co.id/

Nopiani, N. K. R., & Putra, I. M. P. D. 2021. Penerapan Model UTAUT 2 untuk Menjelaskan Minat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking. E-Jurnal Akuntansi, 31(10).

Nuraeni, N.S., Reviandra, M.B., Yusuf, A. 2022. Analisis Faktor Pengaruh Behavioural Intention Pada Aplikasi Bibit Menggunakan Model UTAUT 2. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 9(1), 183-193.

Otoritas Jasa Keuangan. Mengapa Gen Z dan Generasi Milenial Cenderung Lebih Suka Berutang? Diunduh pada tanggal 12 Juni 2023, https://sikapiuangmu.ojk.go.id//

Permana, G.P.L., Astawan, M.A.P., Laksmi, K.W. 2022. Analisis Penggunaan Paylater dalam Transaksi Digital dengan
Konstruk UTAUT 2. 9 (2), 84-91.

Prasetya, G.B.I., Purnamawati, I.G.A. Pengaruh Nilai Harga, Motivasi Hedonis, Kebiasaan dan Daya Tarik Promo terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment OVO. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 148-158.

Sobat Hebat Indonesia Baik. 2023. ScreenTime Indonesia Tingi, lo, Efek Buruknya!. Diunduh pada tanggal 12 Juni 2023, https://sohib.indonesiabaik.id/

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, A.A., Hariadi, S., Ariani,M. 2023. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Atome Di Kalangan Mahasiswa Universitas Surabaya. Jmbi Unsrat, 10(1), 13-30.