Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Praktik Mikrokontroler di Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika

Authors

  • Ismail Rahim Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Magfirah

DOI:

https://doi.org/10.31963/sinergi.v21i1.4198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan trainer mikrokontroler serta tingkat kelayakan trainer mikrokontroler dalam mata kuliah praktik mikrokontroler di prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Desiminate). Tingkat kelayakan trainer mikrokontroler sebagai media pembelajaran ditentukan oleh hasil validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi ahli media, dapat diketahui bahwa dari aspek kelayakan isi dan tujuan mendapatkan skor sebanyak 15 (93,75%), aspek kualitas instruksional pembelajaran mendapatkan skor sebanyak 25,5 (91,07%), dan untuk aspek kualitas teknis mendapatkan skor sebanyak 21,5 (89,58%). Secara keseluruhan trainer mikrokontroler dinyatakan sangat layak dengan persentase sebesar 91,18%. Dari hasil validasi ahli materi, dapat diketahui bahwa dari segi kelayakan isi mendapatkan skor sebanyak 14,5 (90,65%), aspek kebahasaan mendapatkan skor sebanyak 15,5 (96,87%), aspek penyajian mendapatkan skor sebanyak 14,5 (90,65%), dan untuk aspek gambar mendapatkan skor sebanyak 16 (100%). Secara keseluruhan, jobsheet pendamping trainer mikrokontroler termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 94,53%. Selanjutnya didapatkan respon dari 13 orang mahasiswa sebagai pengguna yang kemudian diperoleh persentase sebesar 80% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak.Kata kunci : trainer mickrokontroler, pengembangan, mekatronika

Author Biographies

Ismail Rahim, Universitas Negeri Makassar

Prodi Sarjana Terapan D4 Mesin Otomotif Jurusan Pendidikan teknik Otomtoif

Nurul Magfirah

Alumni Prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika UNM

Published

2023-04-01