Analisis Kinematika Gerak Belok Motor NMAX Berdasarkan Pergeseran Centre Of Gravity (COG)

Authors

  • Formanto Paliling UKI Toraja
  • Megastin Massang Lumembang Universitas Sam Ratulangi. Manado

DOI:

https://doi.org/10.31963/sinergi.v20i2.3694

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pergeseran beban pada motor Nmax dimana, ada tiga titik berat yang diberikan pada kendaran tersebut (CG depan, CG tengah, dan CG belakang), Secara sederhana dapat dikatakan bahwa kendaraan dikatakan stabil jika perilaku arah atau arah gerak kendaraan hanya dipengaruhi oleh arah belok roda kemudi sehingga mudah dikendalikan oleh pengemudi. Pada saat kendaraan berbelok umumnya akan terjadi sudut slip pada masing-masing roda sehingga arah gerak roda sudah berubah. Makin besar sudut slip yang terjadi makin besar pula pengaruh terhadap arah kendaraan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan pada CG depan kendaraan cenderung mengalami understeer yang memperlihatkan stir motor sulit mengalami tikungan jika beban berada di depan, untuk Titik berat tengah (CG Tengah motor mulai stabil meskipun masih ada sedikit Analisa grafik memperlihatkan motor sudah mengalami oversteer, kemudian saat beban di belakang (CG belakang) motor semakin memperlihatkan perilaku oversteer yang sangat tinggi dimana nilai (-) cenderung lebih tinggi daripada CG tengah.

Published

2022-10-01