Pengaruh Modifikasi Puli Primer CVT Terhadap Performa Sepeda Motor Matic 110 cc

Authors

  • Yuniarto Agus Winoko POLITEKNIK NEGERI MALANG
  • Theo Aprianto Rantetampang POLITEKNIK NEGERI MALANG

DOI:

https://doi.org/10.31963/sinergi.v20i1.3385

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh modifikasi puli primer Continuously Variable Transmission (CVT)  terhadap daya, torsi serta konsumsi bahan bakar spesifik atau Specific Fuel Consumption (SFC) pada tiap sudut yang hendak diuji. oleh sebab itu dibutuhkan pengujian dynotest agar memperoleh hasil pengujiannya, dengan beberapa modifikasi sudut puli primer  yang digunakan ialah 14°(standar), 13,5° serta 13°. Penelitian ini memakai metode eksperimen dimana sepeda motor yang digunakan ialah matic 110cc. Pada pengujian daya dan torsi memakai alat dynotest, untuk konsumsi bahan bakar spesifik memakai alat uji alat konsumsi bahan bakar. Setelah itu data diolah berbentuk tabel serta grafik sehingga bisa diambil kesimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan daya, torsi serta SFC pada puli yang telah dimodifikasi. Daya paling tinggi dihasilkan pada sudut puli 13° sebesar 6,63 HP, kemudian torsi paling tinggi dihasilkan pada sudut puli 13° sebesar 5,45 Nm, serta SFC paling tinggi dihasilkan pada sudut puli 13° sebesar 0,3103 kg/HP.jam. Dari data yang sudah didapatkan bisa ditarik kesimpulan, bahwa puli primer yang sudah dimodifikasi mengalami peningkatan performa. Kata kunci : Modifikasi Puli Primer, Continuously Variable Transmission, Performa

Published

2022-04-01