Analisis Biaya Kemacetan Akibat Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus: Ruas Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar)

Aisyah Zakaria, Bustamin Abdul Razaq, Ahmad Reza, Andi Muhammad Yusril

Abstract


Padatnya aktivitas lalu lintas menyebabkan penumpukan kendaraan dititik tertentu yang mengakibatkan kemacetan, khususnya pada Ruas Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar yang merupakan daerah komersial. Kemacetan lalu lintas membuat waktu yang dihabiskan pengguna jalan menjadi lebih lama, sehingga biaya yang dikeluarkan pengguna jalan menjadi lebih besar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat hambatan samping, mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap tingkat pelayanan jalan, untuk memperoleh besaran biaya kemacetan yang diakibatkan adanya hambatan samping, untuk memperoleh solusi peningkatan pelayanan jalan. Pengolahan data menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk analisis kinerja ruas jalan, metode PCI (Pacific Consultant International) 1979 untuk Biaya Operasional Kendaraan (BOK), serta simulasi penanganan kemacetan menggunakan software PTV Vissim. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui tingkat hambatan samping berada antara sedang dan tinggi dengan tingkat pelayanan ruas jalan rata-rata berkisar antara C dan D. Rata-rata biaya kemacetan untuk jenis kendaraan ringan yaitu sebesar Rp. 4.255.962,03 perhari dan Rp. 1.553.426.142,00 pertahun, sedangkan kendaraan berat sebesar Rp.127.921,46 perhari dan Rp. 46.691.334,00 pertahun. Adapun rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu melakukan pelebaran badan jalan menggunakan lahan median jalan sehingga terjadi perubahan tingkat pelayanan jalan menjadi B dan C.


Keywords


Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan Jalan, Biaya Kemacetan, PCI, BOK, PTV Vissim, MKJI 1997

Full Text:

PDF

References


AG, Palung Transport Verkejr. 2015. PTV Vissim First Step Tutorial. PTV, AG Karlsruhe: Germany

Biro Pusat Statistik. 2022. Statistik Daerah Kota Makassar. Makasssar.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. No038/BM/1997. Departemen Pekerjaan Umum Kota Jakarta

Hobbs, F. D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Dialihbahasakan oleh Suprapto T. M. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lestari, Agustina Tri. 2018. Hubungan antara Kerusakan Jalan dan Biaya Operasional Kendaraan Pada Jalan Kolektor Perkotaan Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Lubis, Yusuf Aulia. 2016. Analisis Biaya Kemacetam Kendaraan di Jalan Setiabudi (Studi Kasus Depan Sekolah YPSA). Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Mahsyar 2014. Model Kordinasi Amtar Instransi Pemerintah dalam Penanggulangan Kemacetan Lalu Lintas di Koata Makassar.

Morlok, E. K. 1985. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.

Munawar, Ahmad. 2004. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta: Penerbit Beta Offset.

Peraturan Mentri Perhubungan No. KM 14 Tahun 2006 Republik Indonesia. Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan.

Peraturan Mentri Perhubungan No. PM 96 Tahun 2015 Republik Indonesia. Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.

Sukirman, S. 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya. Bandung: Penerbit Nova.

Susilo, Budi Hartono. 2010. Rekayasa Lalulintas. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Tamin, 2008 Perencanaan Pemodelan dan Rekayasa Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

Tapak (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil (Online). (https://portal.org/resource/ISSN/2089-2098) , diakses 15 Juni 2022.

Transportation Research Board. 2000. Highway Capacity Manual, HCM. Washington, D.C.

Tyas, S.A.K., Priyanto S. 2005. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Jalan (Studi Kasus di Ruas Jalan Dr. Rajiman depan Pasar Klewer). Simposium VII FSTPT. Palembang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. 2004. Jakarta.

Winaryo, D.E. 2002. Penaksiran Nilai Waktu untuk Penumpang Kendaraan Pribadi di Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Majapahit-Jalan Simpang Lima), Tesis. Semarang: Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Zakaria, Aisyah dkk. 2019. Analisis Kinerja Operasional Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi Vissim (Studi Kasus : Jalan Mesjid Raya di Kota Makassar). Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas (Online), 3(2). (https://repository.poliupg.ac.id/132/) diakses 27 Juni 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v3i1.4191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245

Indexed by :